Artikel Dunia Outbound : Keajaiban Kerjasama Tim

Semangat Pagi Outbounders!!

Sahabat Outbound , masih ingat dengan peribahasa ini? Ringan Sama Dijinjing, Berat Sama Dipikul. Yupz! Peribahasa tersebut merefleksikan suatu team work yang solid. Selain beban suatu pekerjaan akan semakin terasa ringan, hasil yang di capai juga akan semakin optimal.

Rumusnya ..

Ide Besar+Kemauan besar+Kemampuan Besar+Kerjasama besar = Hasil besar

Dua yang didepan( Ide Besar+Kemauan besar ), biasanya ada di ranah individu. Sedangkan dua faktor yang di belakang ( Kemampuan Besar+Kerjasama besar ) masuk ke ranah sosial / melibatkan orang banyak. Untuk menyaring ide ( Brainstorming) maka kita akan mengundang semua rekan kerja, mendengar pendapat dan memilih yang terbaik. pelaksanaannya dilakukan bersama-sama.

Ada sebuah pendapat mengatakan,

Jika Anda memiliki uang Rp 10.000,- dan saya memiliki uang Rp 10.000,- lalu kita melakukan pertukaran uang kita, maka kita berdua akan tetap memiliki uang Rp 10.000,- masing-masing orang.

Akan tetapi,,,

Jika Anda memiliki 1 ide luar biasa dan saya juga memiliki 1 ide luar biasa, jika kita saling menukar ide , maka kita berdua akan memiliki 2 IDE LUAR BIASA masing-masing orang.

Kemajuan dan kemudahan hidup yang kita nikmati saat ini , bukanlah merupakan kerja keras satu orang, segelintir orang. Namun, berkat kerjasama yang dilakukan secara turun temurun. Percaya atau tidak?

Ini buktinya !

Ketika kita menikmati cahaya lampu diwaktu malam, kita teringat Thomas Alfa Edison, sang penemu lampu pijar. Tetapi, selain lampu, untuk menghasilkan terang dikamar kita juga membutuhkan :

Listrik. Listrik bisa di hantarkan oleh kabel, karena itu jasa penemu kabel juga besar disamping penemu listrik.

Bola lampu baru bisa menyala didalam bola kaca, karena itu, jasa penemu kaca harus di catat.

Jika diurai menjadi penemu kabel tembaga, penemu generator listrik, penemu saklar, penemu isolator dan lain-lain , akan semakin panjang daftar yang kita miliki.

Ide besar hanya sebuah potensi, dia membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak untuk dapat diimplementasikan. Seperti kacang kedelai yang tidak diberi ragi, maka dia akan tetap menjadi kacang kedelai, tidak menjadi tempe.

Bagaimana dengan diri kita? Wah, diri kita merupakan pabrik ide yang besar, yang membutuhkan sumber daya dari lingkungan kita untuk dapat menghasilkan output-output yang bermanfaat.

Ide yang di sharing selain berpotensi terwujudkan juga akan mengalami evolusi dan penyempurnaan.

Beberapa hal seperti telepon misalnya, sebenarnya penemu pertama kali bukan Alexander Graham Bell tapi Morse , jika kemudian yang diterima dan di kenali adalah Bell , itu karena produknya sudah di sempurnakan sehingga lebih user friendly.

Stephen Covey setelah menulis 7 buku habits dan laku keras meneruskan penelitiannya dan akhirnya terbit buku The 8 habits.

Luar biasa kaaaaannn??

Ide yang besar hanya bisa lahir dalam era keterbukaan

Keterbukaan hanya bisa terwujud dari lingkungan yang ramah, bersahabat, merangsang inovasi dan suasana kompetisi yang sehat.

Dan kesemuanya menjadi tanggung jawab atasan untuk memfasilitasinya.

Seperti kutipan dari film sitkom Family Squad ,

Diskusi hanya bisa terjadi jika posisi masing-masing pihak sama kuat.

Outbounders,

Usaha Tim akan mampu mengalahkan Usaha Individual. Sudahkah Anda menjadi pemain tim yang baik dan mengambil peranan Anda untuk suatu keberhasilan dan kesuksesan bersama dengan tim Anda ?

Semoga bermanfaat ^_^

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

BACA JUGA

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *