Artikel Dunia Outbound : Membentuk Tim yang Solid

Semangat Pagi, Outbounders!!

Hmm..masih kesulitan membentuk tim kerja yang solid?

Pada kesempatan kali ini, Dunia Outbound akan mengulas beberapa hal yang dapat membuat tim kita menjadi solid..

Patut dipahami bahwa membentuk sebuah tim kerja yang solid adalah hal yang tidak mudah. Kesulitan tersebut didasari oleh kenyataan bahwa di dalam tim tersebut terdapat banyak kepala dengan banyak gagasan dan pendapat yang berbeda-beda. Dan untuk menyatukannya, bukanlah hal yang mudah.

Untuk mencapai keharmonisan dan penyatuan yang solid, setiap individu harus memiliki keterampilan dasar yang di perlukan untuk bekerja secara tim. Secara garis besar, ada dua ketrampilan utama yang mutlak harus dimiliki anggota tim, yaitu :

Kemampuan Mengelola (Managerial Skills)

Kemampuan mengatur dan mengelola potensi diri sendiri , serta kemampuan untuk melakukan koordinasi dengan sesama anggota tim. Termasuk didalamnya kemampuan dalam membuat rencana kerja , memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar, dll.

Keterampilan Interpersonal (Interpersonal Skills)

Merupakan ketrampilan melakukan kontak sosial dengan seluruh individu didalam kelompok. termasuk kemampuan berkomunikasi , saling menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan menjaga kekompakan dengan anggota tim.

Tiga hambatan Utama yang Umum ditemui dalam bekerja sama, yaitu : 

1. Ketidaktahuan

Selain memahami deskripsi pekerjaan, kita pun perlu mengetahui sejumlah hal lain. misalnya saja aturan tertulis dan tidak tertulis dalam tim, karakter tiap anggota, dan lain sebagainya.

2. Aliansi

Bila kita masuk ke dalam tim yang sudah solid atau sebelumnya sudah saling mengenal, wajar bila diantara mereka sudah terbentuk semacam aliansi. Kita akan merasa tersisih bila masuk kedalam lingkungan mereka. Akan tetapi, karena harus bekerja sama, maka Anda harus dapat menerima aliansi tersebut. Caranya adalah dengan mengikuti arus dan berbaur tanpa kehilangan prinsip-prinsip dasar. Kalaupun tidak bisa dekat seperti sahabat, minimal dapatkan kondisi yang nyaman untuk bekerja sama.

3. Prasangka Buruk

Walaupun kita diciptakan sama, kita tidak selalu diperlakukan sejajar. Apabila kita berprasangka buruk, muncul penghalang psikologis yang membuat kerja sama menjadi tidak efektif. Jaga prasangka baik terhadap orang lain. kecuali terbukti sebaliknya.

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

BACA JUGA

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *