Artikel Dunia Outbound : Snorkeling di Jakarta? Bisa kok!

Semangat Pagi !

Sahabat Outbound, siapa bilang pantai dan laut di Jakarta itu kotor semua? Anda akan dimanjakan dengan pesona bawah laut saat anda berkunjung ke Pulau Tidung. Atraksi utama saat berwisata ke pulau Tidung, bagian dari gugusan Kepulauan Seribu , adalah Snorkeling. Penduduk pulau ini menyediakan perahu serta penyewaan alat-alat snorkeling dan kamera underwater.

Biasanya, snorkeling tidak dilakukan di perairan sekitar pulau Tidung, melainkan ke tiga pulau didekatnya, yaitu pulau Aer, pulau Payung, dan pulau Karang beras. Perjalanan menuju ketiga pulau yang letaknya berdekatan itu sekitar 30 menit dari pulau Tidung.
Laut sekitar Pulau Tidung memang masih bersih, namun sayang sedikit demi sedikit sudah mulai terlihat banyak sampah akibat perbuatan wisatawan yang tidak bertanggung jawab.
Sesampainya di lokasi snorkeling, bersiaplah untuk terpesona dengan pemandangan bawah laut disana. Arus ombak di tiga pulau ini cukup tenang sehingga para perenang pemula ataupun yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir. Apalagi, Anda pasti sudah dilengkapi dengan pelampung sehingga tidak perlu takut tenggelam.

Bagi para perenang yang masih takut, pemandu wisata yang berada dalam perahu dengan senang hati akan membantu mengajari bagaimana cara snorkeling yang aman.

Saat Snorkeling, hati-hati agar tidak menginjak terumbu karang karena lokasi snorkeling ini cukup dangkal, hanya sekitar dua sampai lima meter saja kedalamannya. hati-hati juga tersandung karang atau terinjak bulu babi , karena itu selalu kenakan kaki katak saat snorkeling.

Lokasi snorkeling di pulau Aer, Payung dan Karang Beras ini memang masih sangat ramai oleh wisatawan. Airnya pun sudah tidak terlalu jernih. Namun anda bisa meminta pemandu wisata untuk mengantarkan ke lokasi snorkeling yang lain.

Lokasi lain yang lebih sepi, jaraknya hampir 30 menit dari Pulau Aer dan lebih dekat ke Pulau Tidung. lokasi ini berada di tengah-tengah laut, dengan ombak yang lebih kencang daripada tempat sebelumnya, namun pemandangan bawah laut yang jauh lebih indah.

Terumbu karang yang ada di tempat tersebut lebih beragam. Ikan-ikannya lebih banyak. ikan-ikan tersebut tidak akan ragu menghampiri anda , apabila membawa potongan roti untuk dibagikan.

Saat snorkeling di Pulau Tidung, Anda tidak akan merasa masih berada dikawasan Jakarta. Ini merupakan alternatif wisata yang tepat, yang tidak begitu jauh dari ibukota namun keindahannya masih terjaga.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *