Artikel Outbound : Teknik Motivasi Sales

sales, sales tangguh, sales dunia outbound, salesmanTeknik motivasi Sales adalah salah satu materi kegiatan yang sering diinginkan oleh berbagai perusahaan klien kami. Dengan teknik motivasi sales, diharapkan penjualan akan meningkat, selain itu materi teknik motivasi sales bertujuan untuk membangkitkan kepercayaan diri serta loyalitas sales pada perusahaan dan pekerjaannya.

Menjadi seorang salesman harus selalu kreatif, dinamis inovatif, pantang mundur, semangat dan dipenuhi antusiasme di dalam menjalankan profesinya. Percaya diri, tekun, ulet, tabah dan tidak suka menyerah merupakan ” tenaga dalam ” yang menjadi modal utama bagi seorang wiraniaga, penjual, atau salesman yang sukses.

Namun demikian, suasana kepribadianseperti itu tidak selamanya berjalan dengan mulus. Pribadi diri terkadang melompat-lompat. Ada kalanya kita sangat impresif namun saat yang lain kita menjadi ekspresif. Ketika mendapatkan kesuksesan dia sangat girang, tidak mengingat kanan kiri, bahkan cendrung untuk sombong. Tidak seperti saya yang bisa sukses bernegosiasi soal X ungkapnya. Mengecilkan arti orang lain dan membesar-besarkan diri sendiri merupan jenis-jenis sikap yang hanya akan menghancurkan.

Pikiran, suasana hati, tutur kata, dan tindakan terkadang tidak seirama. Keharmonisan unsur-unsur kepribadian yang melekat dalam diri kita saat tertentu di hadapkan pada persoalan-persoalan yang pelik. Persoalan-persoalan seperti anak sakit, istri/suami yang tidak mendukung profesinya dan keluarga yang broken home merupakan contoh-contoh yang bisa membuat seorang salesman tidak lagi bergairah menjalankan profesinya.

Seorang rekan saya pernah kerja di perusahaan distributor water purifire atau alat penyaring air yang menggunakan system reversosmosis, boss memanggil rekan saya untuk mengevaluasi hasil pekerjaan setiap hari, bahkan dia di panggil untuk masuk ke ruangannya bisa dua tiga kali dalam sehari. Dia menerima semua evaluasi yang bertujuan meningkatkan prestasi penjualan. Yang dia tidak habis pikir cara atasannya mengevaluasi, yang terkesan mengintrogasi layaknya seorang polisi atau penyidik kasus-kasus kriminal. Cara boss demikianlah yang membuat motivasi rekan saya rendah untuk berprestasi. Rekan saya adalah sales kesekian puluh kali yang direkrutnya, namun menurut cerita-cerita para pendahulunya, memang watak dan cara mengevaluasi yang demikianlah yang membuat beberapa puluh sales mengundurkan diri. Diperlukan cara tersendiri bagaimana memotifasi tenaga penjual.dunia outbound, jalan diatas beling, sales motivation training, materi outbound, outbound bogor, outbound puncak, outbond

Pertama, Memotivasi tenaga penjual dengan menggenjot target semata merupakan jalan keluar yang tepat. Target memangmemotivasi sales untuk maju dan meraihnya, namun target yang tepat dan realistislah yang di kehendaki setiap sales. Tercapainya target penjualan berakibat motivasi sales meningkat dan semangat mereka meningkat untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan bisnis yang Anda bangun. Itulah cara yang pertama, yaitu dengan memasang target penjualan.

Kedua, dengan memberikan penghargaan kepada semua sales yang berprestasi. Prestasi seorang sales bisa di ukur dari kuantitas maupun kualitas penjualannya. Penghargaan bisa  diberikan dalam bentuk uang, barang, karier pengembangannya dan promosi jabatan. Namun juga bisa juga dengan memberikan pujian yang wajar atas setiap prestasi yang di capainya setiap saat. Pujian sangat berarti bagi motivasi salesman. Dengan pujian tersebut ia akan lebih semangat dan merasa di-wongke, dimanusiakan. Dengan pujian yang didapat anda akan merasa mendapatkan tempat dan perhatian yang wajar, bahkan perhatian yang lebih, sehingga membantu mendulang prestasi selanjutnya.

Ketiga, arahkan agar mereka selalu bersyukur kepada Tuhan atas prestasi pekerjaannya. Mensyukuri nikmat Tuhan sangat berarti sekali di dalam memacu prestasi setiap salesman. Makanya hanya penjuallah yang paling banyak berdoanya dalam komunitas perusahaan anda. Unit atau bagian lain di perusahaan anda hanya sekedar kerja  dan menjalankan tugas yang biasa-biasa saja. Mereka kerja dengan rutinitasnya. Tidak dengan tenaga penjual yang setiap saat banyak berdoa karena mereka berhubungan dengan banyak orang yang berbeda-beda karakter dan kemauannya. Tenaga penjual dituntut kreatif dan inovatif terhadap konsumen yang dihadapi.

Untuk lebih meningkatkan motivasi para sales, biasanya perusahaan juga melakukan beberapa training motivasi yang di iringi dengan pendalaman pengenalan produk. Untuk beberapa trianing motivasi sales yang dilakukan, biasanya para sales akan di ajak kedalam suasana yang sangat tidak memungkinkan untuk melakukan sebuah aktifitas. Namun setelah mengetahui cara dan rumusannya, maka semua aktifitas tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan yang di capai.

Share This:

One thought on “Artikel Outbound : Teknik Motivasi Sales

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *