Teamwork…

Secara umum teamwork dapat didefinisikan sebagai kumpulan individu yang beerjasama untuk mencapai tujuan yang sama. Kumpulan individu tersebut memiliki aturan dan mekanisme kerja yang jelas serta saling tergantung satu sama lain. Oleh karena itu sekumpulan orang yang bekerja dalam satu ruangan, bahkan didalam satu proyek, belum tentu merupakan sebuah teamwork. Terlebih jika kelompok tersebut dikelola secara otoriter, timbul faksi – faksi didalamnya, dan minimnya interaksi antar anggota.

Ketika seseorang bekerja didalam kelompok ( team ), akan ada isu yang muncul. Pertama, adalah adanya tugas – tugas ( task ) dan masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan. Hal ini seringkali merupakan topik utama yang menjadi perhatian team. Kedua, proses yang terjadi didalam teamwork itu sendiri, misalnya bagaimana mekanisme kerja atau aturan main sebuah team sebagai unit kerja dari perusahaan, proses interaksi didalam team dan lain – lain. Dengan kata lain proses menunjuk pada semangat kerjasama, koordinasi, prosedur yang harus dilakuan dan disepakati oleh seluruh anggota. dan hal – hal lain yang berguna untuk menjaga keharmonisan hubungan antar individu didalam kelompok.

Mengapa TEAMWORK diperlukan?!

Teamwork merupakan sarana yang sangat bai dalam menggabungkan berbagai talenta dan dapat memberikan solusi inovatif suatu pendekatan yang mapan. Selain itu keterampilan dan pengetahuan beraneka ragam yang dimiliki oleh anggota kelompok juga merupakan nilai tambah yang membuat teamwork lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan individu brilian sekalipun. Sebua team dapat dilihat sebagai suatu unit yang mengatur dirnya sendr. Rentangan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki anggota dan self monitoring yang ditunjukan oleh masing – masing anggota team memungkinkan untuk diberikan tugas dan tanggung jawab. Bahkan etka suatau masalah tersebut dapat diputuskan oleh seorang saja, melibatkan teamwork akan memberikan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut adalah :

1. Keputusan yang dibuat secara bersama – sama akan meningkatkan motivasi team dalam pelaksanaannya.

2. Keputusan bersama akan lebih mudah dipahami oleh team dibandingkan jika hanya mengandalkan keputusan dari satu orang saja.

Bila dilihat dari perpektif individu, dengan masuknya ia kedalam suatu kelompok ( team ), maka hal tersebut akan menambah semangat juang / motivasi untuk mencapai suatu prestasi yang mungkin tidak akan pernah tercapai jika dilakukan seorang dir oleh individu tersebut.

Ada dua hal yang seharusnya dimiliki oleh anggota sebuah teamwork, apa sajakah itu?!. Yuk, kita bahas bersama.

Hal pertama, ketrampilan managerial ( Managerial Skills ), termasuk kemampuan dalam membuat rencana kerja, menentukan tujuan, memantau kerja, memonitor perkembangan dan memastikan pekerjaan telah dilakukan secara benar.

Mengapa tiap anggota team harus mempunyai kemampuan tersebut?!. Hal paling mudah untuk menjelaskannya adalah, bahwa setiap anggota team mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam kelompoknya. Artinya, setiap anggota team berkewajiban untuk memberikan hal – hal terbaik dari dirinya, termasuk managerial skill yang dia miliki untuk mencapai kesusesan kerja team.

Kedua, Ketrampilan Interpersonal ( Interpersonal Skills ), termasuk kemampuan berkomunikasi, saling menghargai pendapat rekan, dan pengelolaan emosi secara porporsional. Sehingga terbentuk suasana yang kondusif dalam team.

Berikut kami tampilkan gambar / image tahap – tahap bagaimana perkembangan individu dalam sebuah team kerja / teamwork.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>