Pasar Games

Stick Transfer Capacity Building DPKAD Cianjur 24

Saat mendengar kata ” Outdoor Activity “, kira – kira apa yang muncul di pikiran Anda ?. Pasti muncul pemahaman bahwa itu merupakan kegiatan yang dilakukan diluar ruangan dan kegiatan tersebut berupa permainan(game). Istilah lain yang lebih familiar adalah “outbound”, yang identik dengan kegiatan yang bersifat menantang. Namun, makna menantang disini tidak selalu berarti dihadapkan pada kondisi permainan yang ekstrem dan berisiko tinggi, katakanlah permainan seperti flying fox, rappelling, atau double rope. Dalam “outdoor activity”, permainan-permainan yang ditawarkan bervariasi mulai dari yangberisiko kecil (low risk), risiko sedang (medium risk), hingga risiko tinggi ( high risk). Dalam uraian ini, permainan yang banyak ditawarkan adalah yang tergolong low risk dan medium risk. Karena permainan-permainan yang tergolong high risk, harus dibawakan oleh orang yang telah memiliki kompetensi dan pelatihan dalam tingkat yang lebih tinggi daripada hanya sekadar kompetensi fasilitator. Selain itu, seorang “fasilitator” permainan-permainanhigh risk juga harus memperhatikan secara saksama mengenai tingkat keamanan dan instalasi peralatan permainan. Selain itu, pengetahuan serta pelatihan untuk permainan-permainan high risk, tidak bisa dikuasai hanya dengan sekadar membaca buku.

Outdoor Activity meliputi kegiatan yang bersifat fun (outdoor recreation) dan kegiatan yang berfungsi untuk mengembangkan sumber daya manusia ( outdoor education ). Selain outdoor activity, uraian ini juga menawarkan permainan-permainan yang bisa dilakukan didalam ruangan ( indoor activity ). Indoor activity yang dimaksud adalah permainan-permainan yang biasanya memiliki fungsi sebagai ice breaking dan energizer.  Namun ada juga permainan indoor activity yang bisa digunakan sebagai pengantar sebuah materi pengembangan life /soft skill.

Kegiatan outdoor-indoor activity dipengaruhi oleh dua konsep pembelajaran yang dalam pembahasan-pembahasannya memang sering overlap yaitu Outward Bound dan Experiential Learning. Selain itu, kegiatan outdoor-indoor activity juga didasarkan atas pemahaman bahwa proses pembelajaran dan pengembangan diri akan lebih efektif  jika berada pada situasi dimana individu tidak belajar sendiri, melainkan belajar bersama orang lain. Disamping itu, perlu didukung dengan adanya keinginan untuk saling memotivasi dan mendukung perkembangan setiap orang ( pedagogic group ).

Segala instruksi dan bentuk permainan yang ada dalam uraian ini tidaklah bersifat mutlak. Artinya, permainan yang ada hanyalah sebuah referensi dan bisa dimodifikasi sesuai dengan harapan atau keinginan pembaca. Di bagian akhir, penulis memberikan tips dan trik untuk membuat seta memodifikasi permainan. Hal ini dimaksudkan untuk mendorong pembaca menjadi pribadi yang kreatif dan bukan hanya sekadar menggunakan games yang sudah ada. So be creative!

Halaman ini khusus menampilkan permainan – permainan edukasi, baik yang bersifat ice breaking, leadership, character building maupun team building.

Seperti kita ketahui bersama, bahwa 70 % kegiatan outbound training dilakukan diluar ruangan ( outdoor activities ) melalui simulasi – simulasi edukasi yang kemudian di bahas bersama pada saat de’ brief atau pun kegiatan didalam ruangan ( Indoor Activities ).

Berikut permainan – permainan edukatif  yang bisa Anda jadikan referensi untuk kegiatan Anda.

1. HeliumStick atau biasa disebut juga Magic Stick atau Tongkat Ajaib

2. The Wind

3. Big Small

4. Duren & Roti

5. Oops! My Foot!!

6. Kapal Pecah

7. The Blindman

8. My Food!

9. The Animal

Serta masih banyak lagi jenis permainan yang bisa dilakukan sebagai pengisi acara outing Anda.

Untuk melihat gambar kegiatan, silahkan klik link dibawah ini

PT. Bakrie Nirwana Semesta

PT. Cinere Artha Raya

Share This:

2 Responses to Pasar Games

  1. cansebu says:

    makasih informasinya

  2. wah…. dunia outbound web nya keren….. kalau mau rafting di jawa timur silahkan hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *