Ini Duren, ini Roti

jumlah Pesrta        : 10-30 orang

Alat atau bahan    : 2 buah spidol atau barang lain

Cara bermain         :

1. Pemimpin permainan membagi peserta menjadi dua kelompok yang duduk atau berdiri bersebelahan kiri dan kanan.

2. Pemimpin memegang spidol ditangan kirinya yang di umpamakan sebagai Roti dan sipidol di tangan kananya di umpamakan sebagai Duren

3. Pemimpin menghampiri kelompok di sebelah kiri. Kepada peserta di urutan pertama, pemimpin mengatakan; ” ini Duren.” Peserta pertama bertanya, ” apa ini ?” pemimpin menjawab, ‘ ini duren.” Peserta pun mengatakan terimakasih.”

4. Selanjutnya peserta pertama mengatakan hal yang sama kepada peserta nomor dua dan seterusnya. Namun, ketika peserta kedua bertanya, “apa ini?” peserta pertama tidak boleh langsung menjawab , melainkan menolehkan kepala kepemimpin permainan sambil bertanya, “apa ini?” dan baru bisa mengatakan kepada peserta kedua “ini duren”.

5. Hal yang sama dilakukan kepada peserta berikutnya.

6. Setelah ini Duren berjalan lancar, perminan berikutnya dengan lebih rumit. kelompok kiri dengan ini duren, kelompok kanan dengan ini roti. jadi, pemimpin permainan harus melayani pertanyaan “apa ini” dari kedua kelompok secara cepat.

7. Permainan akan menjadi seru ketika kelompok ini Duren dan ini Roti bertemu di tengah-tengah dan peserta bingung mana dulu yang harus dijawab.

Makna Permainan

Komunikasi yang satu arah (semua jawaban harus dari pemimpin) ternyata membuat komunikasi berjalan tidak lancar dan cebnderung membuat kelompok bingung.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *