Paket Outbound : Team Building Challenge

arung jeram di puncak, rafting di puncak, paintball di puncak, offroad di puncak

jungle survival outboundKerja tim adalah cara bekerja di mana masing-masing anggota tim bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini melibatkan hubungan kerjasama, komunikasi yang terbuka, kelompok pemecahan masalah, dan konsensus pengambilan keputusan. Kerjasama hanya dapat efektif dalam lingkungan organisasi yang berlandaskan etika, integritas, loyalitas, kejujuran, kepercayaan, komunikasi terbuka, keterlibatan individu, kebanggaan pada pekerjaan, dan komitmen terhadap tanggung jawab.

Kerjasama berarti melibatkan seluruh anggota tim dalam lingkungan kerja yang saling percaya satu sama lain untuk melakukan tugas dan tanggung jawab dalam batas-batas yang ditentukan oleh organisasi. Komunikasi yang efektif, beretika, dan terbuka akan membuat semua anggota tim bisa saling percaya dan saling mendengarkan untuk menghasilkan hal-hal luar biasa buat organisasi. Pemimpin dan anggota tim harus memiliki sikap positif selama masa-masa sulit dan tidak boleh saling menyalahkan satu sama lain tapi harus saling memotivasi, saling menghormati, saling mendukung, dan secara bersama-sama mengelola konflik dengan bijak. Anggota tim harus saling berkontribusi sesuai kompetensi teknis masing-masing dan harus selalu percaya bahwa keragaman, individualitas, dan kreativitas adalah nilai tambah untuk keuntungan organisasi. Setiap kontribusi Individu dan kontribusi tim harus dihargai dan diakui secara tepat waktu oleh organisasi, agar setiap orang dalam tim bisa memiliki motivasi yang kuat untuk bekerja sesuai komitmen dan fokus pada kebutuhan organisasi.

belitung outbound, belitung oubond, lokasi outbound belitung, pulau belitung, asuransi samsung tugu, dunia outbound,Persaingan yang makin ketat dan berat dalam dunia usaha pada masa ini, dibutuhkan kemampuan yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan yang melibatkan seluruh karyawan sehingga perusahaan dapat terus berkembang. Untuk itu tentu saja tidak hanya mengandalkan para pemimpin perusahaan saja, namun kemampuan untuk bersinergi secara optimal wajib dilaksanakan bagi seluruh karyawan demi memenangkan persaingan dan menjaga kualitas. Pemberdayaan seluruh karyawan adalah solusi utama untuk menghadapi persaingan dunia usaha. Meningkatkan nilai kualitas dan ketahanan mental pada seluruh karyawan adalah jawaban atas kebutuhan untuk memenuhi sinergi optimal dalam sebuah perusahaan. Seluruh karyawan, baik selaku pembuat keputusan ataupun pelaksana kebijaksanaan perusahaan, dituntut untuk selalu dapat termotivasi dan memotivasi kinerja diri pribadi serta rekan kerja. Mereka juga diharapkan untuk memiliki kemampuan bekerja, baik secara individu atau kelompok. Dengan tetap menghadirkan hasil optimal dalam segala kondisi.

Saat ini banyak sekali perusahaan yang tidak segan – segan mengeluarkan dana ekstra besar untuk mengirim karyawannya untuk mengikuti pelatihan Outbound Training, yang lokasinya bisa saja di tempat – tempat terpencil atau disebuah resort mewah. Seperti di pulau – pulau atau didaerah pegunungan. Sambil berekreasi, peserta outbound training juga belajar bersama. Namun jangan dibayangkan pembelajaran dalam suasana belajar yang formal, dengan sederatan kursi dan pengajar yang berceloteh didepan kelas. Sebaliknya, dalam dunia outbound, proses pembelajaran dilakukan dengan metode yang sangat mengasyikkan, lokasinya biasanya lebih banyak berada diluar ruangan atau outdoor. Tidak mengherankan jika metode yang dilakukan lebih banyak bersifat petualangan, experiental melalui permainan -permainan simulasi. Bahkan sering kali, ada peserta yang tidak sadar bahwa mereka sedang “belajar”. Kegiatan seperti ini punya banyak nama, ada yang menyebutnya outing, adventure education, team building challenge, character building, training outbound dan lain – lain

Sekilas, kegiatan outbound memang tampak seperti kegiatan biasa – biasa saja, santai dan menyenangkan. Bagaimana tidak?, selama kegiatan peserta terlihat lebih banyak beraktifitas dan bergelut dalam simulasi – simulasi yang menantang dan dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Namun demikian, jangan diremehkan kegiatan yang satu ini, ada segudang manfaat yang   dapat dipetik dari kegiatan outbound seperti ini. Salah satu manfaat yang paling terasa adalah, lewat kegiatan ini akan terbentuk jalinan emosi yang semakin erat antara peserta yang nota bene adalah karyawan sebuah perusahaan. Hampir semua kegiatan outbound dilakukan secara berkelompok, baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Dan diakhir kegiatan, untuk menyelesaikan tantangan terakhir, semua personal harus bekerja sama, setiap kelompok harus bersatu, dibutuhkan kerja sama tim, ” Together Everyone Achieves More ” = TEAM.

Dengan terciptanya semangat bekerja sama dan perasaan senasib sepenanggungan, maka solidaritas akjungle survival outboundan timbul dengan sendirinya. Hebatnya lagi, kegiatan outbound juga bisa menghilangkan gap / batasan yang biasanya sering terjadi antara karyawan lama dan karyawan baru. Karena, jika level senior dan junior berada dalam satu tim yang sama, mau tidak mau, suka tidak suka, mereka harus melakukan kegiatan bersama – sama. Yang mungkin tadi dikantor hanya tahu nama, setelah mengikuti kegiatan outbound, mereka akan menjadi lebih akrab. Beragam tingkat kesulitan dalam permainan juga dapat membangun sikap pantang menyerah dan menumbuhkan sikap percaya diri ( self confidenece ) dalam diri peserta, terutama saat mereka selesai melakukan aktifitas dengan sempurna.

Manfaat lainnya, dalam kegiatan dunia outbound, peserta akan terasah kemampuan sosialisasinya. Pada saat bergabung dalam sebuah team, peserta akan bergabung dengan bekerja sama dengan orang yang mungkin mempunyai kepribadian yang berbeda dengan dirinya. Kondisi tersebut akan membuat peserta lebih menghargai setiap perbedaan yang berada disekitarnya.

 EMPLOYEE VALUE ADDED PROGRAM

Interpersonal Skills For Achievement And Loyalty Of Team 

jubilee camp paintballMerupakan sebuah program yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam pencapaian target, komunikasi dan bekerja sama dengan mengedepankan unsure – unsure : komunikasi, kompetisi, tanggung jawab, emphaty dan rasa memiliki. Memadukan rekreasi, refresing, fun, kreatif, individu dan membangun aktivitas kelompok. Keseluruhan program berhubungan dengan tujuan perusahaan dalam menjalankan kegiatan ini. Program ini dapat membantu perusahaan membangun interaksi, tingkah laku, komunikasi, setia kawan, kerja tim, semangat kerja, rasa memiliki terhadap perusahaan.

Program ini sengaja dirancang untuk menciptakan suasana fresh dan bernilai bagi karyawan setelah menghadapi rutinintas sehari – hari. Dan yang paling penting, dapat mengingatkan kembali tujuan utama perusahaan. Berbasis pada kesegaran alam terbuka yang diisi dengan kegiatan interaksi antar peserta, tantangan serta diskusi. Para peserta dikondisikan untuk bias pro aktif terhadap suatu permasalahan, focus pada tujuan bersama serta dapat menerima masukan baru dan selalu berfikir positif, sehingga bisa meningkatkan kemampuan berkompetisi dan menganalisa suatu resiko.

KECERDASAN EMOSIONAL : Apakah Anda pernah berpikir untuk menjadi pribadi panutan yang bijak dalam interaksi sosial dan mampu menghadirkan perasaan damai dan nyaman di hati orang lain. Bila pernah berpikir seperti itu, maka pelatihan kecerdasan emosional program interpersonal skills ini sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelatihan selama dua hari ini akan membuat Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan, dan bagaimana berkomunikasi dengan orang lain dalam aturan sosial yang beretika. Anda akan dilatih untuk memiliki keterampilan emosional agar Anda dapat menjalani interaksi dan komunikasi dengan siapa pun dalam perasaan nyaman. Pengalaman hidup selalu memberikan bukti bahwa logika berpikir, persepsi, keyakinan, dan nilai-nilai kehidupan dari orang-orang yang ditemui selalu sangat beragam. Oleh karena itu,  Anda perlu mengetahui cara menavigasi secara efisien setiap interaksi sosial Anda dengan siapa pun. Dan, dalam pelatihan ini Anda akan mempelajari keterampilan dan nilai-nilai yang bisa membuat Anda selalu cerdas secara emosi dalam setiap interaksi.

Program pelatihan kecerdasan emosional ini akan fokus secara sangat spesifik pada keterampilan interpersonal, sehinggapt. ykk zipco indonesia, ykk, dunia outbound, outbond, team building and motivation, team work, ykk indonesia peserta dapat mengeksplorasi topik untuk meningkatkan kualitas kompetensi kecerdasan emosional melalui kecerdasan sosial dan komunikasi. Khususnya dalam aspek seperti empati, perhatian, keragaman, perbedaan, membangun hubungan baik, pengertian kepada persepsi orang lain, pengaruh, bertindak dan sebagainya. Peserta akan dilatih untuk mengeksplorasi berbagai metode untuk menangani situasi sosial sehari-hari dan menemukan metode apa yang terbaik untuk mereka. Berbagai contoh seperti pertemuan bisnis, interaksi dengan teman, rekan kerja, manajer atau bahkan dengan para pesaing.

KONSEP DASAR : Perilaku dan emosional manusia sangatlah beragam, diperlukan kompetensi kecerdasan emosional untuk memahami keragaman emosional dan perbedaan pola pikir dalam setiap interaksi. Berita baiknya adalah bahwa setiap orang bisa melatih kecerdasan emosionalnya untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain dalam kendali emosional baik.

Program ini disusun untuk memberikan keterampilan lanjutan dari kecerdasan emosional khusus untuk sisi interpersonal atau hubungan antar pribadi.

TUJUAN KEGIATAN. Secara umum pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara terpadu yang mengembangkan dan membentuk sikap mental kerja berkualitas, yang mampu membangun kerja sama tim yang kuat dalam kelompoknya maupun kelompok lainnya. Serta mampu membentuk tim kerja yang solid sehingga tugas atau pekerjaan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan terarah.

Peserta diharapkan memiliki perubahan sikap, pengetahuan dan keterampilan berikut :

  1. Memiliki sikap positif sehingga mampu menghilangkan Personal Block maupun Interpersonal Block dalam berhubungan dengan pihak lain.
  2. Mengenal dan memahami prinsip – prinsip dalam mengembangkan kerja sama tim.
  3. Mampu berkomunikasi secara baik dan benar dengan pihak lain.
  4. Mampu ber-empati kepada atasan, bawahan, maupun sesama rekan kerja.
  5. Memiliki sikap pantang menyerah dalam menyelesaikan suatu masalah.
  6. Meningkatkan kemampuan manajerial dalam perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya. ( Planning, Organizing, Leading, Controlling ) minimal didalam kelompoknya, dan lebih luas lagi bersama kelompok lainnya.
  7. Memiliki sikap besar hati menerima masukan dan kritik dari rekan sejawat atas kekurangan dan kelemahan, serta memotivasi diri untuk melakukan perbaikan – perbaikan ( Feedback ).
  8. Meningkatkan kemampuan dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan secara efektif ( Problem Solving & Decision Making ).
  9. Memiliki sikap loyalitas tinggi pada kelompok dan ada komitmen tim yang telah ditetapkan bersama demi keberhasilan dan kesuksesan bersama.
  10. Mampu mengaplikasikan dan menerapkan konsep kerjasama, tidak hanya pada kelompok yang telah dibentuk, tetapi juga pada kelompok lainnya.

MATERI KEGIATAN

Adapun materi – materi yang diberikan pada kegiatan ini adalah sebagai berikut :

  1. Ice Breaking and In Group Feeling.
  • Menghilangkan hambatan – hambatan personal.
  • Menumbuhkan kedekatan antar peserta dan instruktur ( in group feeling ).
  • Menumbuhkan kedekatan dan saling percaya.
  1. Building Trust.
  • Menumbuhkan sikap yakin dan percaya pada kemampuan diri sendiri.
  • Membangun rasa percaya terhadap rekan/teman.
  • Menanamkan kepercayaan yang disertai dengan rasa tanggung jawab.
  • Menanamkan sikap percaya pada kekuatan Tuhan YME.
  1. Problem Solving.
  • Menanamkan sikap teliti dan hati- hati dalam memecahkan permasalahan yang ada.
  • Melihat skala prioritas dalam pemecahan masalah.
  • Right man on the right place, dalam pemecahan masalah.
  1. Leadership..
  • Memberikan pengertian tentang kerjasama antara pimpinan dan yang dipimpin.
  • Mengembangkan komunikasi efektif dan rasa empati yang tinggi.
  • Menanamkan sikap percaya pada pimpinan.
  • Mentransformasi wawasan dan pengalaman dalam menjalankan fungsi kepemimpinan secara efektif dalam mengarahkan dan pengendalian kerja.
  1. Team Management
  • Mengembangkan kemampuan Interpersonal Skill ( Ketrampilan, Komunikasi, menjual ide, dan bekerja sama ).
  • Melatih kemampuan ber-argumentasi terhadap ide dan produk yang ingin dihasilkan.
  • Peserta mulai mempraktekkan sebuah kegiatan yang tujuannya untuk mempraktekkan pentingnya kerja sama secara terpadu yang pelaksanaannya meliputi unsur Perencanaan ( Plan ), Pelaksanaan ( Do), Pengecekan ( Check ), dan tindak lanjut ( Action ).
  • Menempatkan sumber daya yang tepat untuk tugas tertentu, melatih kedisiplinan, ketelitian, dan ketepatan waktu sesuai dengan   prinsip QCDSM ( Quality, Cost, Delivery Time, Safety, Moral ).
  • Membangun sikap mental kearah yang lebih baik dan memacu semangat berprestasi serta mengembangkan sikap professional.
  • Membangkitkan kembali sikap mental positif dengan menerima kelebihan dan kelemahan diri.
  1. Building Commitment.
  • Memberikan pengalaman tentang kemampuan dalam berinteraksi dan menjaga dinamika kelompok
  • Melahirkan sikap dan kesepakatan kerja tim dalam merencanakan dan melaksanakan tugas.

MATERI PEMBAHASAN

SELF AWARENESS : Pembahasan difokuskan untuk membangun kesadaran diri peserta dalam memahami kekuatan emosi baik dari dalam diri sendiri. Peserta juga akan belajar tentang siklus perilaku dan dampaknya terhadap kebahagiaan diri; cara meningkatkan harga diri dengan pengendalian diri yang tangguh;  kemampuan untuk menganalisis diri sendiri dan merawat keseimbangan diri dalam setiap aspek kehidupan.

SELF MANAGEMENT : Peserta akan belajar cara mengelola diri sendiri agar diri selalu berada dalam prinsip-prinsip dan nilai-nilai kehidupan yang tertata dengan baik.  Kemampuan diri untuk mencegah masuknya nilai-nilai negatif ke pikiran bawah sadar. Kemampuan diri untuk menyerap sebanyak mungkin nilai-nilai positif dan membuat nilai-nilai positif tersebut membantu meningkatkan kualitas diri untuk semua aspek kehidupan. Memanfaatkan nilai-nilai positif untuk meningkatkan interaksi dengan orang lain. Mengelola diri untuk menghapus perasaan khawatir. Menggunakan mentalitas positif untuk menghadapi tantangan kehidupan. Mengotomatisasi diri untuk selalu berpikir positif.

SELF MOTIVATION : Peserta akan belajar cara memotivasi diri sendiri dan cara membuat diri termotivasi. Peserta akan diberikan perbandingan melalui orang-orang sukses dalam sejarah. Khususnya, tentang kemampuan mereka untuk memotivasi diri sendiri dan memiliki mentalitas untuk mengarah kepada keberhasilan yang luar biasa.

HANDLING FEAR : Peserta akan belajar cara mengatasi perasaan takut. Asal mula perasaan takut. Jenis ketakutan dan cara menanganinya. Cara keluar dari zona kenyamanan. Cara mencegah reaksi emosional negatif. Akar penyebab reaksi dan artinya bagi kemajuan diri. Cara mencari dan memberikan dukungan kepada diri sendiri. Strategi terbaik untuk menangani emosional negatif orang lain yang berpotensi menghambat  pertumbuhan kualitas diri.

KECERDASAN SOSIAL : Pembahasan akan difokuskan untuk memahami apa itu kecerdasan sosial;bagaimana otak memproses emosi; bagaimana cara berkomunikasi dan bagaimana komunikasi itu bisa gagal; peran pengetahuan sosial dalam meningkatkan kesadaran emosional sosial.

METODE KEGIATAN. Pelatihan ini dilaksanakan menggunakan pendekatan Andragogi, dengan sistem pelatihan yang menarik, kompetitif dan menantang, variatif, tidak membosankan, aman dan tetap menyenangkan.. Materi kegiatan akan disajikan dalam bentuk :

  • High And Risk Education Games.
  • Diskusi & Simulasi
  • Penyampaian Materi Kelas

PROFIL LOKASI. Pada dasarnya kegiatan Outbound Training dapat dilakukan dimana saja selama lokasi tersebut refresentatif untuk pelaksanaan kegiatan. Namun sebagai vendor kegiatan Outbound, kami juga menyediakan camp pelatihan untuk pelaksanaan kegiatan Outbound Training. Untuk melihat profil lokasi, silahkan klik DISINI

INVESTASI KEGIATAN, silahkan hubungi beberapa nomor telepon marketing Dunia Outbound yang terdapat di pojok kanan atas halaman website ini.

BACA JUGA

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *