5 Langkah Jitu Membangun Komitmen Karyawan

outbound di bogor, training ykk, ykkArtikel Outbound kali ini akan membahas dan memberikan lima langkah jitu bagi pemilik bisnis dalam membangun loyalitas dan komitmen karyawan terhadap perusahaan.

Seperti kita ketahui bersama, dalam menjalankan sebuah usaha, dukungan karyawan tentunya menjadi salah satu bagian penting yang mempengaruhi sukses tidaknya usaha tersebut.

Bahkan maju mundurnya perusahaan pun dipengaruhi langsung oleh kinerja para karyawan. Bila dedikasi dan komitmen dari karyawan cukup kuat, maka bisa dipastikan konsumen pun akan merasa senang dan hasil yang didapatkan juga bisa maksimal.

Namun begitu juga sebaliknya, bila komitmen karyawan rendah maka kemungkinan besar usaha kita tidak akan bisa berkembang hingga menuju puncak kesuksesan.

Membangun komitmen dari para karyawan memang tidak mudah. Dibutuhkan proses yang cukup panjang, hingga akhirnya komitmen tersebut bisa terbentuk dengan sendirinya.

Lalu, kira-kira bagaimana caranya menumbuhkan komitmen yang cukup tinggi dari para karyawan?
Mari kita simak bersama beberapa tips sukses membangun komitmen karyawan yang bisa kita praktekan dalam menjalankan sebuah usaha.

1. Sampaikan Tujuan Bersama
Untuk membangun komitmen karyawan, langkah pertama yang bisa kita ambil yaitu menyampaikan tujuan-tujuan besar yang akan kita raih bersama para karyawan.

Melalui transparansi yang kita sampaikan kepada karyawan, maka secara tidak langsung akan menumbuhkan semangat kerja dari para karyawan sehingga mereka berkeinginan untuk ikut andil dalam meraih tujuan besar tersebut.

2. Ciptakan Suasana Harmonis di Lingkungan Kerja
Lingkungan kerja yang nyaman memberikan energi positif bagi karyawan sehingga mereka merasa senang dan selalu bersemangat dalam menyelesaikan tugas atau kewajiban mereka masing-masing.

Hubungan kerja yang harmonis antar sesama karyawan maupun antara atasan dan karyawannya menjadikan rasa kekeluargaan di perusahaan tersebut bisa terbangun, sehingga komitmen untuk bersama-sama membesarkan perusahaan semakin kuat.

3. Tumbuhkan Rasa Cinta Dan Bangga Terhadap Perusahaan
Ketika karyawan sudah mulai nyaman dengan lingkungan kerjanya, maka tidak menutup kemungkinan akan tumbuh rasa cinta terhadap perusahaan dimana ia bekerja.

Mereka rela bekerja keras demi memajukan perusahaan dan merasa rugi bila Ia meninggalkan perusahaan tersebut dan beralih ke tempat lain. Hal ini bisa terwujud bila para karyawan telah bekerja dengan passion, sehingga mereka tidak merasa terbebani dengan tugas-tugas yang mereka terima.

4. Berikan Reward Atas Prestasi Yang Dicapai
Salah satu cara yang bisa kita pilih untuk meningkatkan komitmen karyawan yaitu dengan memberikan reward atas prestasi yang telah dicapai karyawan.

Strategi ini cukup sering digunakan para pemilik perusahaan sebagai bagian dari penghargaan mereka terhadap kontribusi dan kerja keras yang diberikan karyawan terhadap perusahaan. Cara ini juga cukup efektif untuk mendorong semangat karyawan guna meningkatkan prestasi kerja mereka setiap bulannya.

5. Tingkatkan Motivasi Kerja Karyawan
Ada kalanya motivasi kerja karyawan mengalami siklus naik turun seiring dengan tuntutan kerja yang mereka hadapi dan masa kerja yang telah mereka jalani.

Terkadang karyawan mulai jenuh dengan tugas yang dikerjakannya setiap hari sehingga motivasi kerja mereka semakin berkurang dan mulai berpikir untuk mencari pekerjaan baru yang dirasa lebih menarik.

Untuk menghindari kondisi tersebut, sebaiknya lakukan evaluasi rutin pada karyawan minimal sebulan sekali. Dengan adanya meeting evaluasi secara rutin, kita bisa mengetahui problem apa saja yang dihadapi karyawan selama di lapangan, sehingga kita bisa memberikan arahan untuk mengembalikan motivasi kerja mereka dan mencarikan jalan keluar untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi para karyawan.

Keterbukaan antara karyawan dan atasan menjadi modal utama bagi sebuah perusahaan untuk memupuk komitmen dari karyawan.
Semoga dengan kerjasama yang baik antara karyawan dan pihak perusahaan, bisa dihasilkan prestasi yang baik pula.

Dengan komitmen yang kuat, kerjasama yang hebat, maka diharapkan akan mendatangkan omzet yang melesat. Jangan pernah lelah untuk berkarya, teruslah berusaha dan salam sukses bahagia.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *