Artikel Dunia Outbound : Padang Edelweis Terbaik di Indonesia

Semangat pagi !

Dear Sahabat Outbound.. pernah denger lagu ini kan? “Edelweiss.. Edelweiss.. Every morning you greet me. Small and white, clean and bright. You look happy to meet me..”

Itulah salah satu lirik lagu berjudul Edelweiss yang dinyanyikan dalam film musikal ternama, Sound of Music. Sesuai lirik lagunya, bunga ini berwarna putih dan bentuknya kecil. Edelweis hidup di dataran tinggi, ribuan meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu, bunga ini banyak dibawa pulang oleh pendaki sebagai bukti dirinya telah menaklukkan sebuah gunung.

Tentunya, hal itu dilarang! Seiring berjalannya waktu, bunga ini terancam punah.

Padahal Edelweis dikenal sebagai ‘bunga abadi’. Warnanya yang putih melambangkan cinta, ketulusan. Letaknya di puncak-puncak gunung tinggi melambangkan pengorbanan. Bunga yang bisa bertahan lama melambangkan keabadian. Bahkan, ada mitos yang mengatakan bahwa barang siapa yang memberikan bunga ini kepada pasangannya, kelak cintanya akan abadi. Prikitiwwwwwww… ^_^ Percaya atau tidak, itu hak Anda . hhehe.

Di Indonesia, Edelweis terbanyak adalah spesies Anaphalis javanica yang tersebar di Pulau Jawa. Walaupun termasuk spesies langka, tentu saja Anda bisa mendatangi langsung habitat alami bunga ini. Walaupun itu berarti Anda harus mendaki gunung.

Berikut ini Dunia Outbound akan mengulas sedikit tentang beberapa wilayah yang menjadi tempat tumbuh suburnya bunga Edelweis ini..

1. Alun-Alun Surya Kencana (Gunung Gede, Jawa Barat)

Salah satu padang edelweis terbesar di Indonesia adalah Alun-alun Surya Kencana. Ribuan tanaman Edelweis memenuhi dataran seluas 50 hektar, dengan ketinggian 2.750 mdpl. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa mendaki Gunung Gede lewat jalur Cibodas atau jalur Putri. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terletak di tiga kabupaten, yakni Bogor, Cianjur dan Sukabumi.

Dari jalur Cibodas jaraknya sekitar 11 kilometer atau 8 jam pendakian. Jika mendaki lewat jalur Putri Anda bisa sampai di Alun-alun Surya Kencana lebih cepat, namun jalurnya lebih terjal.

 

 

2. Alun-alun Mandalawangi ( Gunung Pangrango, jawa Barat)

Masih di Taman Nasional Gunung gede Pangrango, Anda bisa menemukan satu lagi padang Edelweis dengan panorama yang indah. Alun-alun Mandalawangi terletak di Gunung Pangrango, sekitar 2-2,5 jam dari Kandang Badak yang merupakan titik temu Puncak gede dan Gunung Pangrango.

Karena terletak lebih tinggi dari puncak Gunung Gede, Edelweis di Alun-alun mandalawangi lebih rimbun dan ukuran bunganya lebih besar. walaupun luasnya tak sebanding dengan alun-alun Surya Kencana.

Satu nilai lebih yang ditawarkan alun-alun Mandalawangi adalah panoramanya yang indah. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat kawah Gunung Gede yang berada di bawahnya. Tak hanya itu, anda juga bisa menikmati rimbunnya Edelweis sambil memandang megahnya Gunung Salak.

 

 3. Plawangan Sembalun ( Gunung Rinjani,                Lombok) 

Dengan ketinggian 3.726 mdpl, Rinjani dikenal sebagai salah satu gunung terindah di Indonesia. Jika mendaki gunung ini, Anda akan berkutat dengan padang rumput nan luas berhari-hari lamanya. Jika punya kesempatan untuk mendaki Rinjani, gunakanlah jalur Sembalun yang terkenal indah.

Setelah 12 jam pendakian melewati pos 1, pos 2, dan pos 3, maka anda akan tiba di plawangan Sembalun. Ini adalah camping ground dengan pamandangan super cantik yaitu Danau Segara Anak. Apalagi, bunga-bunga Edelweis tumbuh di sekelilingnya. Di pinggiran sungai , di bukit-bukit, juga diantara tebing bebatuan.

 

4. Tegal Alun (Gunung Papandayan, Jawa Barat) 

Papandayan yang terletak di kabupaten Garut boleh saja kalah tinggi dengan gunung-gunung lainnya. Tapi, Gunung Papandayan dengan ketinggian 2.665 mdpl ini punya magnet bagi para pendaki. Salah satunya adalah kawah-kawah belerang dengan pemandangan yang eksotis. Namun, yang menjadi favorit para pendaki adalah Tegal Alun kawasan Gunung Papandayan.

Hal apa yang lebih menyejukan dibanding melihat hamparan luas Edelweis di puncak gunung nan indah? Sebagai pendaki, hati Anda pasti tersejukkan dan letih pasti hilang.

Selain keempat gunung ini, Indonesia masih punya beberapa tempat lain yang menjadi habitat bunga Edelweis. Namun, mendaki gunung dan mengunjungi habitat aslinya akan membawa kesan tersendiri. bayangkan saja, padang Edelweis terhampar indah di depan mata. Tapi ingat, jangan di petik yaaa!

 

Semoga bermanfaat ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *