Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta

dunia outbound,character building kemenag ri, kanwil dki jakarta, pakis, outbound kementerian, outbound di puncak, outbond di bogor

Bertempat di Santa Monica Hotel And Convention – Bogor, belum lama ini Kementerian Agama RI Kanwil DKI Jakarta Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam ( PAKIS ) bekerja sama dengan Team Dunia Outbound mengadakan kegiatan Character Building / Membangun Karakter bagi seluruh pegawainya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini berisi berbagai aktivitas, terdiri dari materi dalam ruangan dan materi luar ruangan. Semua materi diberikan dalam bentuk metode andragogi, di mana seluruh peserta kegiatan character building bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta di ajak melakukan simulasi yang berkaitan dengan muatan kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan membahas simulasi tersebut dengan situasi dan kondisi pekerjaan sehari – hari.

Di hari pertama, seluruh peserta kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta diberikan materi Team Management. Dimana dalam simulasi ini seluruh peserta di berikan tantangan dalam bentuk menciptakan sebuah produk layanan yang memiliki nilai – nilai yang luar biasa, baik dari segi teknis maupun moralitas, dengan tahapan – tahapan yang sudah di tentukan oleh tim Dunia Outbound.

Tahap pertama, seluruh peserta Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok, diberikan tugas membangun sebuah menara dengan bahan – bahan bangunan yang telah di sediakan oleh tim Dunia Outbound. Selama proses ini, semua peserta harus mengikuti peraturan yang sudah di tentukan oleh tim Dunia Outbound, seperti ; tinggi bangunan minimal 175 senti meter, bangunan harus berdiri kokoh dan kuat, bangunan harus memiliki identitas, bangunan dapat di pindah – pindahkan, biaya tidak melewati anggaran yang sudah ditentukan.

Setelah mendapatkan instruksi dari tim Dunia Outbound, seluruh peserta kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta mulai melakukan eksekusi. Tahap pertama yang dilakukan adalah berdiskusi antar anggota kelompok untuk menentukan desain bangunan serta menghitung anggaran yang di butuhkan. Setelah desain gambar dan anggaran yang ditentukan di sepakati oleh tiap tiap kelompok, maka tahap selanjutnya adalah presentasi produk yang dilakukan oleh perwakilan tiap kelompok.

Dalam sesi presentasi ini terjadi diskusi yang lumayan alot antar kelompok, karena masing – masing kelompok akan mem-presentasikan kelebihan dari produk menara yang mereka kerjakan, sementara kelompok lainnya akan mencari celah memberikan pertanyaan -pertanyaan yang bertujuan untuk melihat kelemahan produk yang sedang di presentasikan.

Selesai sesi presentasi, maka eksekusi pekerjaan sudah bisa di mulai. Selama proses diskusi dalam rangka menentukan desain dan anggaran, serta saat presentasi produk yang akan di hasilkan, semua tingkah laku peserta, pro aktif atau tidaknya peserta Kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta selalu di observasi oleh team Dunia Outbound. Hal ini di lakukan  untuk memberikan feedback report hasil kegiatan.

Banyak hal menarik yang terjadi dalam proses ini, setelah melalui tahapan yang diberikan oleh tim Dunia Outbound, akhirnya seluruh anggota tim peserta Kegiatan Character Building Bidag PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta berhasil mendirikan menara – menara sesuaiketentuan yang berlaku.

Kegiatan malam ini ditutup dengan pembahasan dan diskusi bersama tentang nilai – nilai yang terkandung dalam materi Team Management oleh Traineer Tim Dunia Outbound.

Hari kedua, pagi – pagi sekali seluruh peserta Kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta sudah di bangunkan oleh Tim Dunia Outbound untuk mengikuti acara senam pagi dan tracking ke kaki bukit sekitar lokasi Santa Monica Hotel And Convention.

Setelah senam aerobic dan tracking melihat -lihat lokasi sambil menikmati udara segar pegunungan, peserta Kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta bergegas menuju restaurant untuk sarapan bagi lalu bersih – bersih badan dan kemudian jam 08. 30 WIB berkumpul kembali di lapangan utama untuk melakukan rangkaian simulasi kegiatan Character Building hari ini yang telah disusun oleh Tim Dunia Outbound.

Kegiatan hari kedua terdiri dari berbagai macam simulasi yang memiliki nilai – nilai membangun kerjasama tim untuk seluruh peserta Kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta, antara lain adalah ; Simulasi Lego yang memiliki muatan Komunikasi Effektif, simulasi War Games yang memiliki nilai Visi Observasi Strategi Taktik dan Aksi, simulasi Reaching Star yang memiliki muatan Problem Solving atau Pemecahan Masalah dan simulasi The Ring yang memiliki muatan Power Struggle.

Semua simulasi tersebut akan di lakukan secara rotasi atau bergantian oleh masing – masing kelompok. Tiap kali selesai melakukan simulasi, tim instruktur Dunia Outbound akan melakukan diskusi tentang muatan – muatan yang berkaitan kehidupan sehari – hari, baik dirumah maupun dilingkungan kerja.

Sesuai dengan tujuan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama RI Kanwil DKI Jakarta, yaitu untuk meningkatkan layanan Kementerian sesuai moto Kementerian Agama RI saat ini, Bersih Melayani, maka semua pembahan simulasi mengarah pada hal yang terkait dengan moto tersebut.

Seharian melakukan kegiatan luar ruangan, seluruh peserta tampak sangat antusias sekali. Sampai di simulasi penutup, yaitu Simulasi Giant Carpet, semua peserta masih tetap bersemangat untuk menyelesaikannya walaupun waktu sudah menunjukan pkul 17. 30 WIB.

Berkali – kali gagal dalam menyelesaikan simulasi tersebut tidak membuat peserta Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama RI Kanwil DKI Jakarta jera untuk mencoba kembali.

Dan setelah berkali -kali mencoba, akhirnya tantangan Giant Carpet dapat di selesaikan oleh seluruh peserta dengan baik, walaupun dengan perjuangan yang tidak mudah, berkeringat,lelah tapi tetap menyenangkan.

Sebagai penutup kegiatan hari kedua, malam hari semua peserta mengikuti acara Gala Dinner dengan rangkaian acara yang cukup menarik. Mulai dari Energizer Games di dalam ruangan, makan malam bersama, general review selama kegiatan lalu di lanjutkan dengan acara musik dan di tutup dengan renungan di sekitar api unggun serta pembakaran kembang api.

Hari Ketiga kegiatan berjalan santai. Hari ini seluruh peserta kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama RI Kanwil DKI Jakarta akan melakukan aktifitas penutup rangkaian acara selama kegiatan, yaitu Arung Jeram di sungai Cisadane.

Setelah sarapan pagi,kendaraan penjemput mulai berdatangan. Setelah berhitung dan di bagi kelompok kecil, seluruh peserta Kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kemenag RI Kanwil DKI Jakarta berangkat menuju lokasi start ARung Jeram.

Sebelum naik perahu yang telah di sediakan, semua peserta mendapat penjelasan teknik mendayung serta rescue selama pengarungan berlangsung. Yang menarik adalah, penjelasan di lakukan dengan santai, penuh keakraban dan di selingi tawa canda. Hal ini sengaja di lakukan untuk mencairkan rasa takut yang menggelayuti hati sebagian peserta yang belum pernah melakukan aktivitas Arung Jeram di Cisadane, Bogor.

Dan Alhamdulillah, semua peserta kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta bisa mengikuti kegiatan arung jeram dengan bersemangat, aman dan lancar.

Pukul 11. 30 WIB, seluruh peserta Kegiatan Character Building Bidang PAKIS Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta kembali ke hotel Santa Monica Hotel And Convention untuk membersihkan badan dan check out room. Setelah makan siang, yang di selingi kegiatan penutupan acara, semua peserta kembali ke Jakarta.

arung jeram bogor, dunia outbound, arung jeram cisadane, outbound,outbond,outing, rafting bogor

kemenag ri, outbound kemenag, outing, santa monica, dunia outbound, outbound, pembukaan kegiatan

teamwork, team management, outbound, santa monica bogor, santa monica hotel bogor, outbound kemenag, dunia outbound

Outbound Character Building Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta 2

arung jeram cisadane, arung jeram bogor, rafting cisadane, rafting bogor, dunia outbound, character building, outing, kemenag ri

arung jeram cisadane, arung jeram bogor, rafting bogor, rafting cisadane, outing, outbound, dunia outbound, character building

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *