Outbound Di Baduy

outbound di Baduy, Outbound di Anyer, Outbound di Marbella Anyer, Suku Baduy, Outbound di BnatenMelakukan aktifitas Outbound di Baduy menjadi sebuah pengalaman yang sangat  berkesan dan berharga.

Mengapa?, karena seperti kita ketahui bersama, Suku Baduy adalah salah satu suku asli Indonesia yang sampai saat ini masih memegang teguh kearifan lokal dan adat istiadat leluhur.

Suku Baduy hidup di hutan – hutan yang berada dipegunungan Kendeng, Banten, terdapat sekitar 63 perkampungan Suku Baduy, terdiri dari 3 kampung Suku Baduy Dalam dan 60 kampung Suku Baduy Luar.

Nah, belum lama ini, bersaa dengan Bidang Perencanaan Keuangan Kmenterian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta, Dunia Outbound mengadakan kegiatan Outbound di Baduy yang di ikuti seluruh pegawai Bidang PK Kemeterian Agama Kanwil DKI Jakarta.

Dengan durasi kegiatan selama 3 hari 2 malam, kegiatan Outbound di Baduy terbagi menjadi dua bagian. Hari pertama, seluruh peserta bergerak menuju Hotel Marbella Sol Elite, Anyer untuk melakukan aktiifitas Outbound di Anyer.

outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyerDi lokasi ini, selain melakukan aktifitas Team Building, seluruh peserta juga mendapatkan materi pembekalan dari Kepala Bagian TU dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta.

Hari pertama, tiba di Marbella Sol Elite Hotel seluruh peserta langsung menuju aula utama untuk melakukan aktifitas Team Building Challenge.

Seluruh peserta Outbond Anyer di bagi menjadi dua kelompok, masing – masing kelompok akan diberikan tantangan dalam bentuk simulasi yang menantang namun tetap aman dan menyenangkan. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun keakraban antar peserta sehingga akan terjalin sinergitas yang lebih harmonis.

Durasi kegiatan Team Building Challenge di Anyer berlangsung sekitar 4 jam, kemudian peserta di persilahkan beristirahat di kamar masing – masing sambil mempersiapkan diri untuk acara malam.

Malam pertama, kegiatan di isi dengan pembekalan dari Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta.

Mengingat hari kedua seluruh peserta akan melakukan aktifitas Outbound di Baduy yang cukup melelahkan, maka malam pertama seluruh peserta dipersilahkan beristirahat setelah mengikuti materi kelas yang disampaikan oleh para pimpinan.

Hari Kedua, setelah senam pagi dan menikmati sarapan, peserta Outbound di Anyer langsung bergegas check out dari Marbella Sol Elite Hotel Anyer untuk segera menuju perkampungan Suku Baduy yang jaraknya sekitar 60 Km dari Anyer.

outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyerBus mulai bergerak menuju Ciboleger, terminal terakhir menuju perkampungan Suku Baduy, melalui jalur Anyer – Cinangka – Padarincang – Ciomas – Serang – Petir – Leuwidamar – Ciboleger dengan durasi perjalanan sekitar 4 jam waktu tempuh.

Masuk wilayah Leuwidamar, jalanan mulai naik turun serta berkelok, peserta yang sedari tadi tertidur satu persatu mulai terbangun dan menikmati perjalanan dengan pemandangan yang cukup indah. Kiri kanan jalan terdapat perbukitan yang terhampar luas bagaikan permadani hijau raksasa.

Tiba di terminal Ciboleger, seluruh peserta langsung di arahkan menuju Base Camp Dunia Outbound yang ada di lokasi untuk menikmati makan siang dan menjalankan ibadah sholat Dzuhur.

Penugasan pertama untuk peserta Outbound di Baduy adalah, trekking menuju Kp. Gajeboh – Baduy Luar dengan jarak sekitar 5,8 Km dengan jalur yang berkelok, menanjak dan menurun.

Baru saja berjalan kaki sekitar 10 menit, beberapa peserta mulai terlihat lelah dan putus asa. Sampai ada salah satu peserta yang menangis, merasa tidak mampu untuk melanjutkan perjalanan.

Oh iya, sebagai info tambahan, jarak tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai Kampung Gazebo dari Terminal Ciboleger adalah 2 jam waktu tempuh. Cukup dahsyat bukan?.

Lanjut cerita perjalanan Trekking peserta Outbound di Baduy dari Bidang PK Kementerian Agama Kanwil DKI Jakarta, setelah cukup beristirahat, semua peserta, yang sebagian sudah tidak muda lagi, melanjutkan perjalanan. Sepanjang jalan yang menanjak dan menurun tersebut, peserta sibuk bersosialisasi dengan anak – anak Baduy Dalam yang mengiringi perjalanan tersebut.

 

 

outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer outbound di Baduy, Outbound di Anyer, Outbound di Marbella Anyer, Suku Baduy, Outbound di Bnaten outbound di baduy, outbond di baduy, baduy outbound, wisata budaya baduy, outbond di anyer, outbound di anyer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *