Surya Bangsa School Live In Baduy Live In Surya Bangsa School di Baduy - surya bangsa school, live in baduy, field trip baduy, wisata baduy, outbound di baduy

Surya Bangsa School Live In Baduy

Surya Bangsa School Live In Baduy Tribe, begitu nama kegiatan kali ini. Selama dua hari satu malam, peserta kegiatan Live In Baduy di ajak berinteraksi langsung dengan masyarakat Baduy.

Dengan jumlah peserta kegiatan sebanyak 50 siswa, kegiatan Surya Bangsa School Live in Baduy Tribe ini banyak memberikan hal baru bagi seluruh peserta, baik murid maupun guru pendamping yang ikut ke lokasi.

Berangkat dari Karawaci sekitar pukul 06. 00 WIB, peserta kegiatan tiba di terminal Ciboleger sekitar pukul 11. 00 WIB.

Beristirahat sejenak di area terminal sambil berfoto ria di Patung Selamat Datang, kemudian seluruh peserta di ajak mengunjungi rumah salah satu petinggi adat Suku Baduy.

Namanya Jaro Saija, beliau adalah tetua Suku Baduy yang menangani urusan Kepemerintahan.

Segala hal terkait dunia luar, harus melewati keputusan Jaro Saija.

Tiba di rumah Jaro Saija di Kampung Kadu Ketug, jaraknya hanya sekitar 200 meter dari terminal Ciboleger.

Peserta kegiatan Surya Bangsa Live in Baduy di berikan wejangan khas suku Baduy.

Banyak informasi penting tentang suku Baduy yang di sampaikan oleh Jaro Saija.

Baik informasi tentang sejarah asal muasal suku Baduy dan juga informasi terkait larangan – larangan yang harus di jauhi oleh para peserta kegiatan selama berada di wilayah adat Baduy.

Selesai mendengarkan wejangan dari Jaro Saija, peserta kegiatan Live in Baduy mengisi daftar tamu kehadiran sebagai salah satu persyaratan registrasi kedatangan kemudian di lanjutkan dengan makan siang bersama.

Selesai makan siang, peserta kegiatan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Kp. Gajeboh, yaitu kampung di mana peserta akan menginap dan beraktifitas selama dua hari satu malam.

Kp. Gajeboh sengaja di pilih karena merupakan satu – satunya perkampungan di Baduy yang berada tepat di pesisir sungai Ciujung.

Jarak Kp, Gajeboh dari Kp. Kadu Ketug sekitar tiga kilo meter. Dengan kondisi jalan yang menanjak dan menurun, biasanya para tamu dari luar Baduy membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan.

Hal tersebut sepertinya berlaku pula untuk para peserta kegiatan Surya Bangsa School Live in Baduy kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *