Artikel Dunia Outbound : Outbound Training Dan Manfaatnya

Saat ini banyak sekali perusahaan yang tidak segan – segan mengeluarkan dana ekstra besar untuk mengirim karyawannya untuk mengikuti pelatihan Outbound Training, yang lokasinya bisa saja di tempat – tempat terpencil. Seperti di pulau – pulau atau didaerah pegunungan. Sambil berekreasi, peserta outbound training juga belajar bersama, namun jangan dibayangkan pembelajaran dalam suasana belajar yang formal, dengan sederatan kursi dan pengajar yang berceloteh didepan kelas.

Namun sebaliknya, dalam dunia outbound, proses pembelajaran dilakukan dengan metode yang sangat mengasyikkan, lokasinya biasanya lebih banyak berada diluar ruangan atau outdoor. Tidak mengherankan jika metode yang dilakukan lebih banyak bersifat petualangan, experiental melalui permainan -permainan simulasi. Bahkan sering kali, ada peserta yang tidak sadar bahwa mereka sedang “belajar”. Kegiatan seperti ini punya banyak nama, ada yang menyebutnya outing, adventure education, team building challenge, character building, training outbound dan lain – lain.

Sekilas, outbound memang tampak seperti kegiatan biasa – biasa saja, santai dan menyenangkan. Bagaimana tidak?, selama kegiatan peserta terlihat lebih banyak beraktifitas dan bergelut dalam simulasi – simulasi yang menantang dan dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Namun demikian, jangan diremehkan kegiatan yang satu ini, ada segudang manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan outbound seperti ini.

Salah satu manfaat yang paling terasa adalah, lewat kegiatan ini akan terbentuk jalinan emosi yang semakin erat antara peserta yang nota bene adalah karyawan sebuah perusahaan. Hampir semua kegiatan outbound dilakuakn secara berkelompok, baik kelompok kecil maupun kelompok besar. Dan diakhir kegiatan, untuk menyelesaikan tantangan terakhir, semua personal harus bekerja sama, setiap kelompok harus bersatu, dibutuhkan kerja sama tim, ” Together Everyone Achieves More ” = TEAM.

Dengan terciptanya semangat bekerja sama dan perasaan senasib sepenanggungan, maka solidaritas akan timbul dengan sendirinya. Hebatnya lagi, kegiatan outbound juga bisa menghilangkan gap yang biasanya sering terjadi antara karyawan lama dan karyawan baru. Karena, jika level senior dan junior berada dalam satu tim yang sama, mau tidak mau, suka tidak suka, mereka harus melakukan kegiatan bersama – sama. Yang mungkin tadi dikantor hanya tahu nama, setelah mengikuti kegiatan outbound, mereka akan menjadi lebih akrab.

Beragam tingkat kesulitan dalam permainan juga dapat membangun sikap pantang menyerah dan menumbuhkan sikap percaya diri ( self confidenece ) dalam diri peserta, terutama saat mereka selesai melakukan aktifitas dengan sempurna.

Manfaat lainnya, dalam kegiatan dunia outbound, peserta akan terasah kemampuan sosialisasinya. Pada saat bergabung dalam sebuah team, peserta akan bergabung dengan bekerja sama dengan orang yang mungkin mempunyai kepribadian yang berbeda dengan dirinya. Kondisi tersebut akan membuat peserta lebih menghargai setiap perbedaan yang berada disekitarnya.

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

Share This:

One thought on “Artikel Dunia Outbound : Outbound Training Dan Manfaatnya

  1. Tolong emailkan paket outing company untuk 139 orang
    tempat tentatif
    team work, outbound, leadership
    thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *