Manfaat Ice Breaking Dalam Kegiatan Outbound

swadharma duta data, team building, dunia outbound, outbound, outbond, cisarua, puncak, griya sawah lega, ykk zipco, pt. sdd, pt. swadharmaDalam setiap kegiatan Outbound Training atau kegiatan Company Outing, pada awal kegiatan dan dibeberapa waktu tertentu selalu diberikan sesi ” Ice Breaking “. mengapa demikian ?. Ternyata, manfaat ice breaking dalam kegiatan outbound training sangat banyak sekali, pengaruhnya sangat luar biasa. Pada dasarnya, manfaat ice breaking dalam kegiatan outbound training adalah untuk mencairkan suasana, dalam sesi ini seluruh peserta bisa tertawa bersama, saling bercanda, tanpa rasa canggung dan malu terhadap rekan lainnya. Jika diamati, hampir 99% ice breaking diisi dengan tertawa bersama melalui simulasi ringan yang diberikan oleh master games. Loh, mengapa isinya harus tertawa ?.

Nah, berikut akan kami sampaikan beberapa manfaat tertawa yang sangat luar biasa untuk perkembangan diri kita secara pribadi atau pun dari sudut pandang teamwork / kelompok kerja.

1. Tertawa Secara Fisik Bagi Kita
Selain mengurangi ketegangan otot, tertawa juga bisa meningkatkan memori, menambah kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit jantung. Mantap’kan?. Bahkan meski kita hanya tertawa palsu saat mendengar lelucon rekan kita, itu sudah memberi manfaat loh.

2. Tertawa Itu Menenangkan
Saat kita tidak ingin tertawa, otak bisa memerintahkan mulut untuk tertawa. Saat mendengar atau melihat sesuatu yang menggelikan, namun ada orang yang mengatakan ” jangan tertawa “, yang terjadi bukannya kita diam tapi malah tertawa tertahan atau malah tertawa terbahak – bahak. Hmmm, tidak perlu menyangkal sesuatu yang menyenangkan. Humor kan menyelesaikan banyak hal dan membuat kita tenang.

3. Tertawa Mampu Mengurangi Stress
Saat hati terluka, maka kita pasti sedih. Betul ?. Lalu, kesedihan menjadi pusat perhatian kita. Menghindari tertawa dilakukan untuk menghormati rasa kehilangan seseorang yang disayangi, kehilangan pekerjaan atau karena telah melakukan sebuah kesalahan besar. Pada saat seperti itu, lebih baik tidak menampik untuk tertawa. Tertawalah jika memang ada yang pantas ditertawakan agar segala sesuatu terasa lebih ringan dan masalah tidak menghancurkan diri sendiri. Sebuah studi mengatakan bahwa manfaat dari rasa humor dan tertawa yaitu mempu meminimalisir pikiran negatif dalam kehidupan yang menyebabkan depresi. Tidak hanya itu, tertawa dapat mengurangi rasa kesepian dan membuat seseorang berpikir lebih positif terhadap diri mereka sendiri.

2. Tertawa Baik Untuk Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda tertawa, ada peningkatan aliran darah yang kaya akan oksigen ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya pelepasan endorfin, yang membuat perasaan negatif dan stres menghilang. Anda bisa bantu menyehatkan jantung dengan melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan endorfin seperti,mendengarkan musik yang disukai, olahraga dan juga tertawa.

3. Tertawa Seperti Berolahraga
Tertawa merupakan tindakan fisik yang bisa menjadi olahraga ringan untuk tubuh. Ketika tertawa, wajah Anda mengalami peregangan otot. Hal ini akan meningkatkan denyut nadi dan oksigen yang tersebar ke jaringan. Ini dikarenakan saat tertawa Anda akan benapas lebih cepat. Tidak hanya itu, tertawa membuat jantung memompa lebih cepat. Ini akan membuat peredaran darah jauh lebih lancar.

4. Tertawa Bisa Mengubah Mood Buruk
Tertawa juga membantu seseorang menahan energi negatif saat suasana hati buruk. Endorfin yang dihasilkan saat tertawa membuat perasaan jauh lebih baik.

5. Tertawa Dapat Mengurangi Rasa Sakit
Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa penderita penyakit kronis tidak merasa terganggu dengan rasa sakitnya tersebut ketika mereka sering tertawa. Tertawa tidak akan menyembuhkan sakit kronis Anda, tetapi bisa membantu meringankan rasa sakit yang diderita.

6. Tertawa Bisa Menjaga Keutuhan Hubungan
Komunikasi yang diselingi dengan humor bisa membuat hubungan jadi menyenangkan, tidak membosankan dan bebas dari rasa khawatir. Tidak hanya bantu mengubah pandangan seseorang terhadap masalah dari sisi yang menyenangkan, tetapi juga memperkuat hubungan dan kebersamaan.

Nah, selama tertawa tidak dilarang, maka tertawalah. Karena tertawa bisa memberikan berbagai manfaat positif bagi tubuh dan jiwa kita. Tapi ingat, jangan tertawa sendirian, carilah teman, minimal satu orang. Karena jika Anda tertawa sendirian, bukan dapat manfaat sehat dan mengurangi stress, ujug – ujug Anda malah dibilang stress oleh orang lain yang melihat Anda. Satu lagi, meski tertawa itu sehat usakan jangan sampai Anda tertawa berlebihan sehingga mengganggu orang sekitar. Tertawa tetap harus ada etikanya loh.

Oke deh, selamat menikmati ” tawa ” Anda hari ini, dan selamat menikmati manfaat sehatnya. Terima kasih telah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar jika berkenan. Salam Sukses Bahagia….

capacity building, dpkad cianjur, pulau tidung, outing, outbound, kerja sama tim, team building, dunia outbound, citra jet

swadharma duta data, team building, dunia outbound, outbound, outbond, cisarua, puncak, griya sawah lega, ykk zipco, pt. sdd, pt. swadharma

outbound, dunia outbound, indonet, marbella anyer, outing anyer, outbound, outbond,

ykk indonesia, team building, motivasi, pelatihan motivasi, ykk zipco indinesia, dunia outbound, leadership, communication, outing, ykk

Outbound

klien dunia outbound l adira finance dan graha karya informasi 1 l

Share This:

One thought on “Manfaat Ice Breaking Dalam Kegiatan Outbound

  1. Biasanya berupa games-games yang lucu atau hanya bersifat motivasi yang menggugah sehingga bisa memecahkan kebekuan antara peserta training dengan trainer atau peserta training lainnya, shingga membuat suasana jadi kondusif utk belajar kembali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *