Sukseskan Hidup Kita Dengan Positive Thinking

sukses ala dunia outboundKesuksesan bukanlah suatu kebetulan. Kesuksesan adalah hasil dari sikap kita yang terdiri dari berbagai pilihan. Jadi, sukses adalah soal bagaimana kita memilihnya.

Untuk meraih sukses sangat diperlukan adanya sikap positif dsalam memperjuangkannya. Dalam bukunya ” Kiat Menjadi Pemenang “,  Shiv Khera menjelaskan bahwa betapa penting arti sikap positif dalam bisnis. Berjuang menegakkan suatu bisnis tanpa harapan yang positif akan bisnis yang kita geluti niscaya kemustahilan untuk sukses.

Sikap positif merupakan napas yang setiap saat berdegup dalam pengendalian bisnis kita. Ia menjadi power atau baterai yang luar biasa hebat nya didalam pengendalian daya tahan dan daya juang bisnis yang kita bangun.

MANFAAT SIKAP POSITIF

1.  Meningkatkan produktivitas

Sikap positif akan meningkatkan produktivitas Anda. Produktivitas adalah sikap mental (attitudde of mind) yang mempunyai semangat untuk berkerja keras dan ingin memiliki  kebiasaan untuk melakukan peningkatan perbaikan . National Produktivity Bord Singapure pernah menyebutkan bahwa perwujudan sikap  mental  tersebut dapat terlihat dalam berbagai aktivitas antara lain :

Yang berkaitan dengan diri sendiri dapat dilakukan melalui peningkatan,pengatahuan , keterampilan,di siplin, upaya pribadi dan kerukanan kerja (team work).

Yang berkaitan dalam pekerjaaan dapat dilakukan melalui manajemen dan metode kerja yang lebih baik,penghematan biaya, tepat waktu,sistem dan teknologi yang lebih baik.penhematan biaya,tepat waktu , sistem dan teknologi yang lebih baik.

2. Mendorong kerja kelompok

Salah satu poin penting terjadinya kerja kelompok adalah hadirnya sikap toleransi,  kebersamaan,dan kesetaraaan dalam kerja. Sikap – sikap seperti itu akan hadir manakala sikap positif ada dalam benak para pelaku team work itu.

Kerja kelompok yang solid dan bagus akan memiliki nilai produktivitas yang tinggi sebab masing-masing personal menyumbangkan tenaga, pikiran,  dan biaya untuk terwujudnya impian bersama. Itulah yang namanya bersinergi. Sinergi ini akan melahirkan suatu kekuatan dan prestasi yang luar biasa manakala dilakukan dengan tepat.

3. Mengatasi permasalahan

Sikap positif senantiasa akan mengembangkan sikap -sikap untuk tidak mempermasalahkan  masalah, melainkan mencari solusi atas masalah. Orang yang mepermasalahkan masalah senantiasa akan bermasalah dan menganggap bahwa hidup ini dengan masalah. Lain halnya kalau  yang Anda kembangkan adalah sikap menyelesaikan masalah, namun karena kita mampu menyelesaikan setiap masalah yang muncul maka kita mengagap bahwa hidup ini menjadi lebih dinamis dan variatif.

Orang yang gagal adalah orang yang selalu mempermasalahkan  masalah atau orang yang selalu mencari alasan pembenaran atas masalah yang dihadapi atau kegagalan yang dialami. Sedangkan orang sukses adalah orang-orang yang selalu mencari solusi atas masalah yang dihadapi. Orang sukses itu orang yang tidak mempermasalahkan masalah melainkan senantiasa mencari alternatif -alternatif pemecahan masalah atas masalah yang dihadapi.

Hidup menjadi lebih optimis karena masalah selalu terselesaikan  dengan kepala dingin,bijaksana,dan penuh dengan antusiasme akan sukses masa depan.Masadepanlah yang lebih utama. Masa lalu biarkan berlalu, Ia cukup dijadikan memory atau kenangan sejarah masa lalu. Sejarah hanya baik untuk dijadikan cermin bukan nya untuk diulangi.Karena kita memang tidak pernah mengulangi sejarah.

4. Meningkatkan kualitas

Sikap positf membuat hidup kita  lebih berkualitas. Kita memandang sesuatu senantias berorientasi pada masa depan. Maasa depan haruslah lebih berkualitas. Sikap dan pikiran positis  memberikan arti dan medorong yang luar biasa di dalam menyongsong  masa depan yang lebih berkualitas.

5. Menciptakan atmosfir baik yang menyebar

Sikap positif akan menularkan antusiame pada yang lain. Orang-orang di sekeliling Anda akan ikut irama antusiame hidup Anda. Orang-orang yang senantiasa optimis terhadap masa depannya akan memberika keyakinan besar kepada orang di sekelilingnya bahwa dengannya hidup ini pasti sukses.

6. Membentuk loyalitas

Loyalitas terbentuk karena adanya kenyakinan besar bahwa bisnis yang Anda Bangun memiliki harapan masa depan. Kenyakinan akan masa depan perusahaan, kenyakianan dengan pekerjaannya saat ini,  kenyakinan akan orang-orang di sekelilingnya, adalah membuat mereka sangat loyal dengan Anda.

7. Meningkatan keuntungan

Dengan loyalitas yang baik, produktivitas yang tinggi,dan dengan harapan-harapan masa depan yang baik, maka keuntungan dengan sendirinya akan meningkat. Uang akan berlimpah dan keuntungan akan menumpuk karena sikap positif yang senantiasa melekat dalam pribadi kita.

8. Mendorong hubungan yang lebih baik antrasesama

Hubungan antarsesama menjadi lebih baik karena tidak ada lagikecurigaan dan saling menjatuhkan. Hubungan antarasesama menjadi lebih baik karena adanya saling percaya dan perasaan saling membutuhkan. sikap positif mengantarkan semua itu dengan baik karena ia menjadi katalisator antarsesama secara baik.

9. Mengurangi stress

Karena semua masalah dihadapi dengan baik dan terselasaikan dengan sikap positif  kita, maka stres pun akan sirna.  Kita menjadi tidak terpusingkan oleh karena masalah yang tidak kita selesaikan.  Kenapa begitu? Karena semua masalah bisa diselesaikan dengan sikap positif kita.

 10. Menjadi anggota kelompok masyarakat yang berguna

Dengan sikap positif yang produktif terus – menerus maka Anda akan dipandang masayrakat  sekeliling Anda sabagai sumber inspirasi untuk maju. Anda menjadi orang yang bermanfaat bagi lingkungan sekeliling  Anda.  Anda dianggap mampu menyelesaikan masalah dengan baik dan bijak, maka masyarakat pun memperoleh manfaat besar atas kehadiran Anda

11. Merupakan aset penting Negara

Bila Anda menjadi orang yang bersikap positif,Anda berguna bagi masyarakat disekeliling Anda, maka tentu Anda juga menjadi orang yang bermanfaat bagi Negara. Negara ini memerlukan banyak orang yang senantiasa mengelola Negara dengan pikiran positif. Dia akan menjadi inspirator bagi rakyat dan bangsanya. Dia juga akan menjadi pejuang bagi kemajuan bangsa ini.  Para pahlawan adalah orang-orang yang senantiasa bersikap positif disdalam menyelesaikan persoalan pada zamannya. Meraka adalah orang-orang yang memiliki harapan dan cita-cita besar terhadapan masa depan negeri ini.

12. Membentuk kepribadian yang menyenangkan

Sikap positif akan melahirkan kepribadian yang menyenangkan , bersahabat dan bersahaja.  Mereka akan senangi oleh banyak orang.   Berbisnis dengan kepribadian yang demikian akan senantiasa membuat para pelanggan tidak mau kehilangan relasi dengannya. Pelanggan menjadi loyal terhadap produk Anda karena kepribadian Anda didalam membawa tampil di hadapan mereka.

SIKAP NEGATIF AKAN BERAKIBAT :

1.  Kepahitan hidup

Hidup menjadi enjoy dan rileks atau menjadi steres dan tegang adalah bergantung bagaimana kita membawakan diri kita dan pikiran kita.  Bila Anda membawakan sikap negatif dalam hidup Anda maka hidup ini menjadi tak bermakna dan hampa.  Hidup menjadi pahit dan penyesalan selamanya.

2. Penderitaan hidup

Orang mau berbaik hati dengan Anda, ternyata Anda menerimanya dengan cara marah-marah, cemburu dan bermuka masam. Maka itu, Anda menjadi beban dan persoalan seluruh hidupnya. Sebab hidup ini menjadi menderita karena Anda menyikapi hidup ini secara negatif.  Anda menderita seumur hidup dan Anda dalam tekanan yang luar biasa hebatnya sehingga tak memungkinkan Anda untuk bangkit.  Anda tak melihat secarah harapan pun untuk bangkit dan lepas dari tali penderitaan.

3.  Hidup yang tak bertuju

Anda menjadi gelap, tak tahu arah tujuannya.  Semua-nya hanyalah kamuflase yang tak ada maknanya dalam hidup Anda. pikiran negatif itulah yang menutup sinar harapan Anda menjadi kegelapan.

4. Tingkat sters yang tinggi bagi dirinya dan orang lain

Hidup menjadi serba salah. Apa pun yang dilakukan selalu tidak ada jalan keluar yang baik. Karena kemana-mana tidak ada maka pikiran negatif itu menjadi dirinya stres dan depresi.

LANGKAH-LANGKAH MEMBENTUK DAN MEMELIHARA SIKAP POSITIF

1.  Anda harus fokus dan cari terus hal-hal positifnya

Seperti kisah pencari emas. bila Anda menjadi penambang emas maka Anda harus membuang ratusan ton pasir dan batu, ribu liter air,   dan tenaga berhari-hari.  Padahal emas yang anda cari hanya 1 ons.  Bila Anda bisa menjadi pedagang batu akik karena Anda berhenti terlalu dini dalam pencarian emas itu dan tergoda untuk menambang akik saja.  Anda harus tetap kan untuk selalu fokus dan jangan tergoda oleh rumput ladang tetangga yang terkadang lebih hijau.  Anda mesti sabar, ulet, dan tekun dalam pencarian emas itu.  Sukses itu seperti emas  yang mahal harga tebusannya.
Bila anda menemui masalah dalam upaya pencarian emas itu, maka Anda jangan tergoda oleh rumput yang tidak Anda  tanam ketika Anda menanam padi maka saat kemudian  dipastikan rumput itu, tetapi ia tetap tumbuh .  Bagaimana menyikapinya? Anda harus fokus dan jangan tergoda dengan banyaknya rumput  yang tidak ditanam itu tumbuh. Yang Anda harus lakukan adalah mencari solusiatau alternatif apa supayarumput penghalang tumbuhnya padi secara subur itu bisa disingkirkan atau dihilangkan.  Cari terus solusinya supaya bisnis Anda tetap jalan walaupun halang rintang menyertainya.  Pikirkan alternatif-alternatif lain yang mungkin masih bisa dijalankan. Jangan berhenti terlalu dini karena bila melakukan itu maka masalah  dalam bisnis Anda justru tambah banyak. Sukses yang Anda harapkan justru semakin menjauh.

2. Membiasakan diri untuk melakukan sesuatu sekarang juga

Jangan menunda pekerjaan.  Jangan menunda untuk memulai bisnis Anda Ambillah keputusan sekarang juga atau Anda tiadak pernah jadi memulai Keraguan yang menyelimuti Anda tidak pernah mengambil keputusan  untuk memulai sekarang.  Hitungan-hitungan kalkulator yang ada dalam benak pikiran Anda hanya akan membuat kita selalu menunuda untuk memulai. Karena itu,  lawanlah pikiran Anda dengan tindakan.  Mulailah sekarang apapun bisnis  Anda atau kehilangan kesempatan untuk sukses.

3. Kembangkan rasa bersyukur kepada Tuhan

Dengan mensyukuri nikmat Tuhan kita justru akan ditambah terus kenikmatannya. Bagaimana cara mensyukuri nikmat tuhan berupa rezeki yang kita dapatkan dari bisnis yang kita jalankan? Agama mengajarkan supaya kita terus menambah ibadah kepada-Nya. Kita terlahir ke dunia hanya punya satu tugas,yakni beribadah kepada-Nya. Tambah terus ibadah Anda maka, ” Dunia Kuperhatikan sujud kepadamu “,  kata Allah dalam firmannya. Kalau dunia bisa sujud kepada kita maka kenikmatan apalagi yang kita cari?  Kesuksesan yang seperti apa yangAnda mau?  Tuhan akan menganugerahkan semua kesuksesan hidup Anda dunia akhirat sesuai yang Anda mau.  Karena itu, bila bisnis Anda menguntungkan,  maka wajib hukumnya Anda banyar zakatnya dan sedekahkan sebagian untuk orang-orang yang berhak menerimanya. Dengan banyak zakat dan amal yang anda keluarkan,  tidak pernah dalam hidup manusia,  orang yang banyak mengeluarkan zakat dan sedekah akan tambah miskin. Tuhan  Mahatahu,  Anda berderma banyak kepada orang lain, maka Dia akan memberi Anda lebih banyak lagi dari dan jalan yang tidak pernah disangkanya. Yang ada bila Anda banyak berderma maka kekayaan dan seksesan Anda akan lipat gandakan. Banyak berderma adalah salah satu bukti syukur kita kepada Tuhan.

4. Bergabunglah dengan orang yang berpikir dan bersikap positif

Bila Anda bercampur dengan tukang minyak wangi maka Anda tidak mustahil juga ikut wangi. Bila Anda campur dan berkumpul  dengan orang yang optimis,  berpikir positif,  dan sukses maka Anda juga tidak mustahil akan mengikuti mereka yang sukses.  Lingkungan sangat memengaruhi dan membentuk pikiran kita.  Sangat dianjurkan Anda bergaul dan hidup bersama orang-orang yang selalu berpikir positif supaya Anda juga tetap menatap kedepan dengan optimisme. Sukses adalah harus optimis menjalani hidup ini kedepan.  Sukses dalam bisnis  yang Anda senantiasa yakin dan percaya diri bahwa bisnis Anda jalankan berprospektif  cerah dimasa depan yang akan datang. Tataplah masa depan dengan kenyakinan penuh bahwa usaha ini berjalan dengan baik. Karena itu,  penting Anda mengasah optimisme Anda itu dalam pelatihan atau pendidikan yang berkelanjutan.  Mulailah dari hal-hal kecil dengan sikap yang positif sepaerti saat bangun tidur, saat berjumpa teman, saat sakit menimpa saat makan dan duduk. Biasakan berprasangka baik dengan teman, relasi atau siapa pun yang baru Anda jumpai.

Share This: