Teknik Membangun Team Work yang Solid

Team Building, Dunia Outbound, Outbound Bogor
Teknik berikut ini dapat mencairkan perselisihan dengan cepat dan menyatukan semua anggota kelompok, baik itu dalam pertemanan maupun pekerjaan.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa perselisihan dalam sebuah kelompok akan mereda manakala ada ancaman dari pihak luar. Kejadian – kejadian eksternal membangkitkan kebutuhan kita untuk ber-afiliasi, mencari dukungan dan mempererat rasa persatuan. Perang saudara, konflik antar kelompok masyarakat, dan kerusuhan domestik seringkali reda ketika musuh bersama datang. Sebaliknya, para individu akan mencurahkan segala perhatian dan permusuhan mereka satu sama lain ketika ancaman dari pihak luar tidak ada. Jadi, cara untuk tercepat untuk menciptakan kekompakan dalam sebuah kelompok adalah :

1. Menciptakan ancaman dari luar, atau

2. Menghadapkan kelompok anda dengan kelompok lain dalam suatu persaingan sehat.

Musuh bersama dapat menyatukan kelompok – kelompok yang bertikai secara lebih cepat daripada teknik penyatuan kelompok manapun.

Fenomena ini juga menjadi ciri bagaimana orang memberikan respon dalam kehidupan dan pikiran mereka. Ketika fikiran Anda tidak terfokus pada suatu masalah , ia akan bertarung dengan dirinya sendiri, akan mengembang biakkan kekhawatiran dan kecemasan. Tetapi, begitu Anda mendapatkan tujuan eksternal yang jelas dan Anda sangat berambisi untuk meraihnya, kecamuk itupun akan berhenti. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa hal ini juga berlaku dalam kehidupan pribadi Anda?, ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, suasana hati Anda pasti akan terasa lebih baik dan perhatian Anda juga akan lebih jelas dan terfokus. Tiba – tiba saja ” hal – hal kecil ” tampak tidak penting lagi bagi Anda. Hal ini dikarenakan Anda memiliki perspektif tentang apa – apa yang sungguh penting buat Anda.

Pikiran, seperti halnya kelompok. Akan bertarung dengan dirinya sendiri jika tidak ada hal yang menyibukannya. Ketika pikiran kita tidak terfokus pada suatu masalah, ia akan menciptakan kekacauan dalam dirinya sendiri sehingga kekhawatiran mulai berkecamuk. Tetapi, segera setelah kepentingan tertentu menyedot perhatiannya, pikiran kita menjadi lebih tenang. Inilah sebabnya banyak orang yang menganggap hobby sebagai suatu yang menyenangkan. Fokus kita terarah keluar dan pikiran kita tersedot sepenuhnya pada sesuatu sehingga diri kita larut dalam ke-asyik-an. Inilah penjelasan mengapa orang – orang yang tidak mempunyai tujuan hidup yang jelas sering mengalami gangguan emosi. Tanpa fokus eksternal yang menyita perhatian, pikiran akan berbalik kedalam.

Lalu, bagaimana formula luar biasa untuk menciptakan sebuah team work yang luar biasa?!. Jawabannya adalah : INOVASI & IDE SEGAR!. Tantang kelompok Anda untuk terus menciptakan ide baru yang inovatif untuk mengalahkan team lainnya.

Selamat mencoba…

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

"outbound training, outbound, brosur outbound, dunia outbound"

BACA JUGA

Share This:

2 thoughts on “Teknik Membangun Team Work yang Solid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *