Pelatihan Pengembangan Karakter Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta

Kualitas manusia sejatinya bergantung kepada kompetensi dan karakter. Namun, karakter-lah yang menentukan 80% kesuksesan seseorang secara berkelanjutan. Dengan karakter, seorang pribadi akan bertumbuh sebagai pribadi yang mandiri, unggul dan kemudian siap menjadi pemimpin yang menginspirasi.

Dalam konsep Pelatihan Character Building Dunia Outbound , karakter adalah sejumlah sifat baik yang telah menjadi perilaku sehari-hari, untuk menjalankan peran dan fungsi sesuai amanah dan tanggung jawabnya. Jika belum menjadi perilaku, maka masih hanya sekedar nilai saja.

Berkarakter tapi tanpa kompetensi, akan membuat seseorang pincang. Tetapi mahir kompetensi tanpa memiliki karakter, seorang pribadi dapat membuat kerusakan sempurna. Jika kompetensi bagai mendirikan tangga, maka karakterlah yang menentukan apakah tangga tersebut bersandar di dinding yang benar.

Mengingat tempat kerja adalah sebuah dunia kecil yang memiliki nilai-nilai, keyakinan, tata kelola, etika, sistem, prosedur, misi, visi, dan komitmen untuk mewujudkannya. Dunia kecil ini membutuhkan karakter kerja sesuai dengan nilai-nilai, keyakinan, dan komitmen perusahaan agar dapat melakukan pekerjaan secara profesional. Untuk itu, setiap orang di dalam perusahaan / Instansi harus menjadi bagian penting dari kehidupan kerja, yang mengembangkan dan memelihara karakter pribadi menjadi selaras dengan karakter kerja perusahaan / Instansi. Karakter unggul memiliki sifat-sifat, seperti : integritas, akuntabilitas, disiplin, etis, melayani, rendah hati, kemurahan hati, peduli, rasa hormat, tanggung jawab, kolaborasi, cinta, fokus, tekun, teliti, rajin, dan belajar untuk memperbaiki kualitas diri sendiri.

Berkaitan dengan itu, pada tanggal 3 – 5 Agustus 2016, bertempat di Santa Monica Hotel And Convention, Dunia Outbound bekerja sama dengan Kementerian Agama Kantor Wilayah DKI Jakarta, Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam  mengadakan kegiatan Pelatihan Pengembangan Karakter dengan tema “ One Team – One Spirit – One Goal “.

Semua pegawai memiliki tanggung jawab profesional berdasarkan nilai-nilai inti ( core values ) perusahaan / Instansi. Bila nilai-nilai inti tidak menjadi perilaku, sikap, kebiasaan, dan fondasi tanggung jawab. Maka, pegawai akan terperangkap dalam konflik antara benar dan tepat.

Setiap orang di tempat kerja harus menjadikan nilai-nilai inti perusahaan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari karakter kerja, sehingga dapat menjalankan tanggung jawab profesional secara tepat dan benar, tidak menciptakan krisis kepercayaan dan krisis keandalan di tempat kerja.

Pengembangan karakter diperlukan untuk mewujudkan komitmen dari nilai-nilai inti perusahaan. Berbagai situasi dapat diciptakan oleh keadaan, dan memerlukan karakter yang kuat agar dapat bersikap dengan tepat.  Pegawai dengan karakter kerja yang sesuai nilai-nilai budaya kerja perusahaan, akan memiliki identitas pribadi dan profesional yang sejalan dengan niat dan tujuan perusahaan.

Pelatihan ini dirancang untuk membangun karakter pegawai sesuai dengan nilai-nilai inti perusahaan / instansi. Bila pegawai sudah mengenali nilai-nilai inti perusahaan / instansi, lalu mendorong keberanian profesionalisme di tempat kerja dengan karakter yang kuat. Maka, mereka akan menjadi pribadi-pribadi yang andal dan unggul, yang selalu bekerja dengan tepat, membela apa yang mereka percaya, selalu bersatupadu dengan energi positif perusahaan, sehingga tidak memiliki ruang untuk bertentangan dengan nilai-nilai dan budaya kerja perusahaan.

Dalam sessi pelatihan ini dipaparkan cara membentuk karakter secara sistematis, untuk mewujudkan diri sejati yang sempurna dengan nilai-nilai inti dan keyakinan perusahaan dengan tujuan agar setelah mengikuti pelatihan ini, seluruh peserta dapat ;

  1. Menyadari urgensi membangun karakter diri yang baik.
  2. Memahami esensi kualitas manusia yang terdiri atas karakter dan kompetensi
  3. Memahami peran karakter dalam membangun kehidupan yang lebih baik
  4. Memahami jati diri setiap manusia dalam kehidupan
  5. Membangun karakter dasar yang perlu dimiliki sebagai pribadi
  6. Membangun karakter unggul agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik
  7. Membangun karakter pemimpin yang dapat menjadi inspirasi tim kerja
  8. Membangun karakter profesi yang dijalankan untuk melanggengkan kesuksesan
  9. Menjadi tauladan karakter bagi orang-orang sekelilingnya

Konsep pelatihan dilakukan dengan menggabungkan kegiatan luar dan dalam ruangan yang menyenangkan, menyegarkan dan bermanfaat. Seluruh peserta di ajak melakukan aktifitas simulasi Character Building melalui beberapa permainan yang memiliki muatan pemecahan masalah, membangun ide kreatif, komunikasi efektif, kerja sama tim dan lainnya.

Share This:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *