Wisata Budaya Suku Baduy

anak anak baduyWisata Budaya Suku Baduy adalah sebuah program perjalanan yang sengaja dirancang khusus oleh tim Dunia Outbound untuk para pelanggan dengan menggabungkan konsep berpetualang dan team building.

Selain beraktifitas di alam bebas, tujuan lain kegiatan ini adalah untuk mengenalkan kearifan lokal Suku Baduy yang merupakan salah satu suku asli di Indonesia yang masih berpegang teguh pada tradisi leluhurnya.

Seperti kita ketahui bersama, Suku Baduy adalah salah satu suku asli Indonesia yang sampai saat ini masih berpegang kuat pada tradisi leluhur walaupun lokasi tempat tinggalnya sudah di kelilingi oleh masyarakat modern.

Suku Baduy hidup dari alam, melalui pertanian dan perdagangan. Adapun jenis komoditi yang perdagangkan oleh warga Baduy adalah berbagai macam hasil hutan, seperti ; madu hutan dan buah durian. Selain itu, ada juga sebagian warga Baduy yang berjualan souvenir khas Baduy, dalam bentuk kain tenun baduy dan tas khas baduy yang dibuat dari tali berbahan dasar kulit kayu dan biasa di sebut Koja dan Jarog.

Suku Baduy terdiri dari dua bagian, yaitu Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar.
Baduy Dalam menempati tiga kampung khusus Baduy Dalam yang berada di dalam rimbunnya hutan Gn. Kendeng, yaitu Kp. Cibeo, Kp. Ciketawarna dan Kp. Cikeusik.

Untuk mencapai kampung kampung ini, pengunjung harus berjalan kaki menyusuri hutan, perkebunan dan perbukitan yang berada di kawasan Wisata Budaya Baduy, rata – rata waktu tempuh yang dibutuhkan oleh setiap pengunjung adalah sekitar 2 hingga 4 jam berjalan kaki.

Satu lagi adalah Suku Baduy Luar.
Baduy Luar menempati kampung – kampung lain yang masuk kedalam kawasan Desa Kanekes, Lebak terdiri dari 60 kampung Baduy Luar. Lokasi perkampungan Baduy Luar tersebar se antero kawasan Gn. Kendeng.

Ada yang jaraknya hanya 100 meter dari perkampungan masyarakat modern, ada juga yang jaraknya lebih dari 5 Km dari perkampungan masyarakat modern terdekat.

Gerbang masuk utama untuk mencapai perkampungan Suku Baduy yang paling umum adalah melalui Kp.Ciboleger yang berada dalam wilayah Leuwidamar. Dari pintu masuk ini, pengunjung langsung bisa berinteraksi dan berkunjung ke Kp. Kadu Ketug, yang merupakan kampung Baduy Luar terdekat dari Terminal Ciboleger, jaraknya hanya sekitar 100 meter.

Oh iyak, karena maraknya pengunjung yang datang ke perkampungan Suku Baduy, terminal Ciboleger yang dulu merupakan terminal kecil sekarang sudah menjadi terminal medium yang dapat menampung puluhan kendaraan wisatawan yang berkunjung ke Baduy.

Di terminal Ciboleger ini pula terdapat patung selamat datang ke Baduy yang berdiri tegak tepat di tengah terminal Ciboleger.

Pintu masuk lainnya menuju perkampungan Suku Baduy lainnya adalah lewat Kp. Cijahe yang letaknya tidak jauh dari Gunung Kencana, Lebak = Banten. Pintu masuk ini kerap disebut sebagai pintu masuk dapur atau pintu belakang.

Berbeda dengan Terminal Ciboleger yang sudah lebih tertata, penitipan kendaraan di Cijahe masih di kelola warga lokal secara perorangan.

Belakangan ini, pintu masuk dari Cijahe menjadi primadona baru, karena jika wisatawan berkunjung ke perkampungan Suku Baduy lewat Cijahe, maka jarak tempuh menuju perkampungan Suku Baduy Dalam lebih dekat jika dibandingkan dari Kp. Ciboleger.

Untuk menikmati Wisata Budaya Suku Baduy yang di kombinasikan dengan kegiatan CSR atau Bakti Sosial, tim Dunia Outbound sudah menyusun program kegiatan berdurasi 2 hari 1 malam dan 3 hari 2 malam dengan konsep Amazing Adventure yang menantang namun tetap aman dan menyenangkan.

Dalam kegiatan ini peserta akan bermalam dan berinteraksi langsung dengan warga Baduy Asli, baik Baduy Luar maupun Baduy Dalam. Melakukan aktifitas bersama, melihat cara bertanam, memainkan musik khas Baduy di malam hari serta aktifitas lainnya.

Fasilitas Kegiatan
– Transportasi PP Meeting Point – Ciboleger/Cijahe
– Menginap 2 hari 1 malam di Baduy Dalam
– 4x Makan, 2x Coffee Break
– Pemandu Lokal
– Master Games, Fasilitator dan Tim Teknis
– Dokumentasi Perjalanan
– T Shirt Kegiatan
– Property Simulasi dan Spanduk Kegiatan
– Porter Lokal
Minimal Peserta 20 Pax/Event

Kami juga melayani Paket Perjalanan Private Trip, dengan fasilitas yang di sesuaikan.

Jika Anda tertarik dengan program ini, silahkan Hubungi Marketing kami,
Sdri. Liana Farizka di 0856-9726-9292 ( Whats App Only )
Sdr. W. Widodo di 0812-1985-9687
Atau langsung hubungi ke nomor telepon kantor kami di 021-7498780
Email. info@duniaoutbound.com

Untuk Fast Response, silahkan klik fitur Whats App di bawah ini.

jembatan bambu suku Baduiy rumah adat baduy, dunia outbound, baduy lokasi outbond di baduy, lokasi outbound di baduy wisata budaya baduy baduy, wisata baduy kampung baduy, lebak suku baduy perkampungan baduy suasana kampung baduy tenun baduy, kerajinan masyarakat baduy suku baduy anak anak baduy, outbound di baduy pepatah baduy kerajinan baduy kerajinan baduy, souvenir baduy

Share This:

4 thoughts on “Wisata Budaya Suku Baduy

  1. Dear,

    Kalau ada trip ke Baduy dalam waktu dekat, mohon infonya melalui email yah.

    Thanks!

  2. Dear Riska
    Terima Kasih Telah Menghubungi Kami
    Untuk trip baduy, kami laksanakan per grup, minimal 10 Orang. Jadi jika Anda dan teman2 ingin mengadakan trip tersebut, kami bisa meng-arrange’nya. Tks

  3. Hi,

    Saya berminat mau trip ke Baduy untuk Januari kira2 tanggal 3 an (asal sebelum tanggal 6 sih oke). Pengennya Badui Dalam, harga masih 350 per orang? Dan trip masih minimal 10 orang ya? Saya coba kontak teman2 saya dulu ya.

    Boleh minta nomer yang bisa dihubungi?
    Terimakasih!

    YUSNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *